Implementasi Metode Diskusi dalam Mengoptimalkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaan Aqidah Akhlak di MAN 2 Sinjai

Penulis

  • Suriyati Suriyati Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Kahar Kahar Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Sudirman. P Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Nurul Annisa Sudarsifa Universitas Islam Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v3i2.23566

Kata Kunci:

Metode Diskusi, Prestasi belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efek metode diskusi dalam peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas X di MAN 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif serta mengunakan metode library research. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis  dengan cara pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis peneliti, menunjukkan bahwa . Metode diskusi yang diterapkan oleh tenaga pendidik di MAN 2 Sinjai sangat baik diterapkan karena dengan penerapan metode ini peserta didik dapat melakukan proses pertukaran pendapat dengan siswa lain, setiap peserta didik yang dapat aktif dalam penggunaan metode diskusi ini dapat memperoleh banyak manfaat jika mereka aktif dalam prosesnya, karena metode ini sangat membantu peserta didik untuk terus berpikir kritis, melatih publicspeaking, serta memberikan ide dan gagasan mereka. Sehingga, dengan memaksimalkan pelaksanaan metode diskusi, diharapkan peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran secara lebih efektif dan efisien.

Referensi

Adawiyah, F. (2021). VARIASI METODE MENGAJAR GURU DALAM MENGATASI. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2, 68–82.

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Adab Siswa. 03(July), 1–23.

Awaelae, A., & Rofiq, A. (2021). Konsep Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqih Kelas X Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di Madrasah Nahdhatul Islamiah, Thailand Selatan). Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(2), 190–197.

Berangka, D. (2021). Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Katolik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Obaa Kabupaten Mappi. Jumpa, IX(2), 14.

Femi Asri Pakaya. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 193. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.193-198.2019

Fitriani, A. M., Huliatunisa, Y., Azhar, S., & Tangerang, U. M. (2021). TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SDN DOYONG 04 TANGERANG. 3, 438–448.

Jannah, M., Fadli, H., & Rismayati, Ria, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemberian Reward dan Punisment bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah. Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 4(2), 267–278.

Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20

Man, A., Selatan, P., & Author, I. C. (2023). ALACRITY : Journal Of Education. 3(3), 1–11.

Mardiana, suriyati, N. (2022). PERAN GURU PAI DAN ORANGTUA DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN IBADAH PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 21SINJAI. IMTIYAZ, 6(2), 170–176.

Marwah Sholihah, & Nurrohmatul Amaliyah. (2022). Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898–905. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826

Nelani Khairun, D. P. P. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Remaja Putri Di Panti Asuhan Hanifa III Kampuang Menggunakan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi. 2(1).

Nurhayati, N., & Sulaiman, S. (2022). Implementasi Metode Diskusi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. An-Nuha, 2(1), 208–219. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i1.166

Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810

Putra. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 37. https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0902-04

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

R.Nurhayati, Musdiana, Jamaluddin, N. I. A. (2021). PENGARUH KEPRIBADIAN GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA. AL-QALAM, 13(1), 7–15.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sari, W., Anwar, F., Wirdati, W., & Engkizar, E. (2021). Metode Diskusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 8904–8909.

Sumarni, Harun, A. H., & Imran. (2020). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecil Toraranga Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4), 13–22.

Supriyat, I. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 4 Palu. 5(1).

Syafruddin, S. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384

Tardi, A. R. (2022). PENTINGNYA PENDIDIKAN AQIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIKMAH HAURGEULIS INDRAMAYU TAHUN 2019. 2, 369–376.

Yelvita, F. S. (2022). IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI MTS AN-NAJIYYAH LENGKONG (Issue 8.5.2017).

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Ziaul, T. (2019). Metode diskusi pada pembelajaran pendidikan agama islam. 2(2), 1–10.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-03

Cara Mengutip

Suriyati, S., Kahar, K., Jamaluddin, J., P, S., & Sudarsifa, N. A. (2024). Implementasi Metode Diskusi dalam Mengoptimalkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaan Aqidah Akhlak di MAN 2 Sinjai. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 3(2). https://doi.org/10.30651/jses.v3i2.23566