Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dikelas IV SD Negeri 2 Bojongsari

Penulis

  • Amalia Novitasari a:1:{s:5:"id_ID";s:36:"Universitas Muhammadiyah Purwokerto ";}

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v3i2.23407

Kata Kunci:

Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstrak

Projek Profil Pelajar Pancasila merupakan pengembangan pengetahuan dan  pemahaman terkait peserta didik tentang profil pelajar pancasila. sesuai dengan hasil wawancara dan observasi penulis dengan guru kelas IV SD Negeri 2 Bojongsari, penulis menemukan sebuah fenomena terkait pelaksanaan kegiatan P5 di SD Negeri 2 Bojongsari.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Bojongsari. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Bojongsari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas yang dilaksanakan pada bulan Februari hingga bulan April 2024. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi serta penilaian antar teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan faktor pendukung dan penghambat kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila di kelas IV SD Negeri 2 Bojongsari. Kegiatan tersebut dilalui beberapa langkah mulai dari yang pertama perencanaan, membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu serta menyusun modul projek dan yang terkhir yaitu kegiatan evaluasi atau tindak lanjut . Yang kedua pelaksanaan kegiatan projek profil pelajar pancasila, di SD Negeri 2 Bojongsari khususnya dikelas IV telah melaksanakan kegiatan P5 dengan tema kewirausahaan dan gaya hidup berkelanjutan. Yang terakhir yaitu faktor pendukung dan penghambat kegiatan Profil Pelajar Pancasila.

Referensi

Kemendikbud. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85. https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098

Reni Wiji Lestari, Rintis Rizkia Pangestika, & Nurhidayati. (2023). Pengembangan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Untuk Sekolah Dasar. Ezra Science Bulletin, 1(2), 240–246. https://doi.org/10.58526/ez-sci-bin.v1i2.33

Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 138.

Saragih, R. (2017). Jurnal kewirausahaan. Jurnal Kewiraushaan, 3(2), 50–58.

Shalikha, P. A. A. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Putri Ayu Anisatus Shalikha. Pendidikan Ekonomi, 15(2), 86–93.

Sufyadi, S., et al. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD (Cetakan ke 17). ALFABETA.

Sugiyono, P. D. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D (Issue January).

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-03

Cara Mengutip

Amalia Novitasari. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dikelas IV SD Negeri 2 Bojongsari. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 3(2). https://doi.org/10.30651/jses.v3i2.23407