Citra Perempuan pada Iklan KPK 2024 Cegah Nyokap dari Suap; Analisis Wacana Kritis Kajian Sara Mills
DOI:
https://doi.org/10.30651/jses.v3i2.23055Kata Kunci:
Citra Perempuan, Iklan, KPK, Sara Mills, SuapAbstrak
Pentingnya penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam bagaimana iklan memainkan peran aktif dalam merepresentasikan gender dan mempengaruhi persepsi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan citra apa yang dibentuk terhadap perempuan melalui iklan KPK “Cegah Nyokap dari Suap” jelang Pemilu 2024 menggunakan analisis wacana kritis teori Sara Mills. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa menganalisis data yang bersumber dari iklan KPK berupa gambar melalui website resmi kpk.go.id. Data dikumpulkan dengan teknik simak, kemudian dianalisis dengan cara mendeskripsikan dan mencatat data-data yang telah dikumpulkan. Fokus penelitian ini adalah melihat bagaimana perempuan ditampilkan dalam iklan melalui posisi-posisi yang ada. Berdasarkan analisis dan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa posisi laki-laki sebagai subjek dan perempuan menjadi objek dalam iklan tersebut. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa citra yang dihadirkan dalam iklan ini adalah citra negatif perempuan bahwa perempuan cenderung tidak berpikir kritis dalam memilih pemimpin, pelabelan matrealitis juga berfoya-foya.
Katakunci: KPK, Suap , Citra Perempuan, Iklan, Sara Mills
Referensi
Azhar Arsyad. (2017). Perkembangan video dari masa ke masa. Perkembangan Video Dari Masa Ke Masa, promotion mix. https://e-journal.uajy.ac.id/980/3/2EM15860.pdf
Deddi Duto Hartanto. (2007). Representasi Stereotype Perempuan Dalam Iklan Layanan Masyarakat “Sahabat Peduli Anti Kekerasan Dalam Rumah Tangga.” Nirmana, 9(2), 77–81. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/17675
Denora, T. (2023). Aesthetic agency and musical practice: new directions in the Sociology of music and emotion. In Music And Emotion. https://doi.org/10.1093/oso/9780192631886.003.0007
Febriansyah, Y. (2015). Kajian Visual Drama. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://repository.upi.edu/21016/6/S_PSR_1103098_Chapter3.pdf
Febriyanti, R. H., Zuriyati, Z., & Rohman, S. (2020). Misogynisms in Cho Nam-Joo’S “Kim Ji-Yeong, Lahir Tahun 1982” Novel: Feminism Literary Study (Misoginisme Dalam Novel “Kim Ji-Yeong, Lahir Tahun 1982” Karya Cho Nam-Joo: Kajian Feminisme Sastra). Leksema: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(2), 159–176. https://doi.org/10.22515/ljbs.v5i2.2571
Frank, A. (1983). The American Heritage Dictionary. Word Ways, 16(2), 15. https://eprints.uny.ac.id/67357/3/Bab II.pdf
Huda, D. (2020). Rethkinking Perempuan dan Keadilan Gender. https://repository.iainkediri.ac.id/666/1/Peran Perempuan dan Keadilan Gender.pdf
Irma, A., & Hasanah, D. (2019). Menyoroti budaya patriarki di indonesia. Social Work Jurnal, 7(1), 1–129. https://media.neliti.com/media/publications/181589-ID-menyoroti-budaya-patriarki-di-indonesia.pdf
Lestari, R. J. (2021). Analisis Wacana Model Sara Mills dalam Novel Perempuan yang Mendahului Zaman Karya Khairul Jasmi. 3(2), 6. https://repository.uir.ac.id/14456/1/176210903.pdf
Marhamah, A., Ushuluddin, F., Iain, H., & Tengah, J. (2019). Hadist Misoginis Persepektif Gender dan Fenimisme At-tibyan. Qur’an Dan Hadis Studies, 2(2), hal 16-34.
Nurul Atikah, K. A., & Rosa Putri Sinaga. (2024). Citra Perempuan pada Iklan Shampoo Dove Rambutku Mahkotaku : Analisis Wacana Kritis Kajian Sara Mills. 5(2), 1977–1984.
S, A. D. (2016). ANALISIS WACANA FEMINISME SARA MILLS DALAM ACARA CATATAN NAJWA SPESIAL HARI KARTINI: PEREMPUAN DI KELUARGA SHIHAB. 1–23. https://media.neliti.com/media/publications/565062-wacana-feminisme-dalam-catatan-najwa-spe-a98dc17a.pdf
Septiani, R. D. (2016). Representasi Perempuan Dalam Film (Analisis Wacana Kritis Sara Mills Dalam the Herd). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/48736/1/RISTA DWI SEPTIANI - FDK.pdf
Silaswati, M.Pd., D. D. (2019). Analisis Wacana Kritis Dalam Pengkajian Wacana. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.124
Sobari, T., & Faridah, L. (2017). Model Sara Mills Dalam Analisis Wacana Peran Dan Gender. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 88–99. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/464
Studi, M. P., Komunikasi, I., Sosial, F. I., Politik, I., Mulawarman, U., Rizky, W., Mashito, S., Yutanti, W., Pengkajian, B., Pengembangan, D. A. N., Dan, K., Sdm, B. L., Komunikasi, K., & Informatika, D. A. N. (2021). Citra perempuan dalam media. 3(3), 183–190.
Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian , (Yogyakarta: Teras, 2009), hlm.180 Ibid., hlm. 181. 59–71. http://repository.radenintan.ac.id/2467/4/BAB_III.pdf
Triwardhani, I. J., Listiani, E., & Putra, R. P. (2021). Peran Perempuan dalam Iklan Televisi di Indonesia-Malaysia. Jurnal Common, 5(1), 12–24. https://doi.org/10.34010/common.v5i1.4675