Citra Perempuan pada Iklan KPK 2024 Cegah Nyokap dari Suap; Analisis Wacana Kritis Kajian Sara Mills

Penulis

  • Siti Uswatun Khasanah Universitas Airlangga
  • Radius Setiyawan Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v3i2.23055

Kata Kunci:

Citra Perempuan, Iklan, KPK, Sara Mills, Suap

Abstrak

Pentingnya penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam bagaimana iklan memainkan peran aktif dalam merepresentasikan gender dan mempengaruhi persepsi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan citra apa yang dibentuk terhadap perempuan melalui iklan KPK “Cegah Nyokap dari Suap” jelang Pemilu 2024 menggunakan analisis wacana kritis teori Sara Mills. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa menganalisis data yang bersumber dari iklan KPK berupa gambar melalui website resmi kpk.go.id. Data dikumpulkan dengan teknik simak, kemudian dianalisis dengan cara mendeskripsikan dan mencatat data-data yang telah dikumpulkan. Fokus penelitian ini adalah melihat bagaimana perempuan ditampilkan dalam iklan melalui posisi-posisi yang ada. Berdasarkan analisis dan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa posisi laki-laki sebagai subjek dan perempuan menjadi objek dalam iklan tersebut. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa citra yang dihadirkan dalam iklan ini adalah citra negatif perempuan bahwa perempuan cenderung tidak berpikir kritis dalam memilih pemimpin, pelabelan matrealitis juga berfoya-foya. 

Katakunci: KPK, Suap , Citra Perempuan, Iklan, Sara Mills

Referensi

Azhar Arsyad. (2017). Perkembangan video dari masa ke masa. Perkembangan Video Dari Masa Ke Masa, promotion mix. https://e-journal.uajy.ac.id/980/3/2EM15860.pdf

Deddi Duto Hartanto. (2007). Representasi Stereotype Perempuan Dalam Iklan Layanan Masyarakat “Sahabat Peduli Anti Kekerasan Dalam Rumah Tangga.” Nirmana, 9(2), 77–81. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/17675

Denora, T. (2023). Aesthetic agency and musical practice: new directions in the Sociology of music and emotion. In Music And Emotion. https://doi.org/10.1093/oso/9780192631886.003.0007

Febriansyah, Y. (2015). Kajian Visual Drama. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://repository.upi.edu/21016/6/S_PSR_1103098_Chapter3.pdf

Febriyanti, R. H., Zuriyati, Z., & Rohman, S. (2020). Misogynisms in Cho Nam-Joo’S “Kim Ji-Yeong, Lahir Tahun 1982” Novel: Feminism Literary Study (Misoginisme Dalam Novel “Kim Ji-Yeong, Lahir Tahun 1982” Karya Cho Nam-Joo: Kajian Feminisme Sastra). Leksema: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(2), 159–176. https://doi.org/10.22515/ljbs.v5i2.2571

Frank, A. (1983). The American Heritage Dictionary. Word Ways, 16(2), 15. https://eprints.uny.ac.id/67357/3/Bab II.pdf

Huda, D. (2020). Rethkinking Perempuan dan Keadilan Gender. https://repository.iainkediri.ac.id/666/1/Peran Perempuan dan Keadilan Gender.pdf

Irma, A., & Hasanah, D. (2019). Menyoroti budaya patriarki di indonesia. Social Work Jurnal, 7(1), 1–129. https://media.neliti.com/media/publications/181589-ID-menyoroti-budaya-patriarki-di-indonesia.pdf

Lestari, R. J. (2021). Analisis Wacana Model Sara Mills dalam Novel Perempuan yang Mendahului Zaman Karya Khairul Jasmi. 3(2), 6. https://repository.uir.ac.id/14456/1/176210903.pdf

Marhamah, A., Ushuluddin, F., Iain, H., & Tengah, J. (2019). Hadist Misoginis Persepektif Gender dan Fenimisme At-tibyan. Qur’an Dan Hadis Studies, 2(2), hal 16-34.

Nurul Atikah, K. A., & Rosa Putri Sinaga. (2024). Citra Perempuan pada Iklan Shampoo Dove Rambutku Mahkotaku : Analisis Wacana Kritis Kajian Sara Mills. 5(2), 1977–1984.

S, A. D. (2016). ANALISIS WACANA FEMINISME SARA MILLS DALAM ACARA CATATAN NAJWA SPESIAL HARI KARTINI: PEREMPUAN DI KELUARGA SHIHAB. 1–23. https://media.neliti.com/media/publications/565062-wacana-feminisme-dalam-catatan-najwa-spe-a98dc17a.pdf

Septiani, R. D. (2016). Representasi Perempuan Dalam Film (Analisis Wacana Kritis Sara Mills Dalam the Herd). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/48736/1/RISTA DWI SEPTIANI - FDK.pdf

Silaswati, M.Pd., D. D. (2019). Analisis Wacana Kritis Dalam Pengkajian Wacana. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.124

Sobari, T., & Faridah, L. (2017). Model Sara Mills Dalam Analisis Wacana Peran Dan Gender. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 88–99. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/464

Studi, M. P., Komunikasi, I., Sosial, F. I., Politik, I., Mulawarman, U., Rizky, W., Mashito, S., Yutanti, W., Pengkajian, B., Pengembangan, D. A. N., Dan, K., Sdm, B. L., Komunikasi, K., & Informatika, D. A. N. (2021). Citra perempuan dalam media. 3(3), 183–190.

Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian , (Yogyakarta: Teras, 2009), hlm.180 Ibid., hlm. 181. 59–71. http://repository.radenintan.ac.id/2467/4/BAB_III.pdf

Triwardhani, I. J., Listiani, E., & Putra, R. P. (2021). Peran Perempuan dalam Iklan Televisi di Indonesia-Malaysia. Jurnal Common, 5(1), 12–24. https://doi.org/10.34010/common.v5i1.4675

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-04 — Diperbaharui pada 2024-09-04

Cara Mengutip

Uswatun Khasanah, S., & Setiyawan, R. (2024). Citra Perempuan pada Iklan KPK 2024 Cegah Nyokap dari Suap; Analisis Wacana Kritis Kajian Sara Mills . J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 3(2). https://doi.org/10.30651/jses.v3i2.23055