Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas 3B MI Muhammadiyah 28 Surabaya

Penulis

  • Muhammad Ilham Rifqyansya Fauzi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Meirza Nanda Faradita Universitas Muhammadiyah Surabaya

Kata Kunci:

Ice Breaking, Konsentrasi, Model Pembelajaran

Abstrak

Berbagai masalah terjadi pada proses pembelajaran di kelas pada jenjang usia dini, seperti konsentrasi siswa dalam pembelajaran masih rendah, sebagian besar siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru dan metode yang digunakan guru hanya terbatas pada metode ceramah dan tanya jawab. Model pembelajaran menjadi wahana interaksi edukasi antara guru dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, Maka salah satu cara untuk menumbuhkan konsentrasi siswa ialah dengan menyelipkan ice breaking dalam proses pembelajaran yang tujuannya untuk membangkitkan semangat juga menarik kembali konsentrasi juga perhatian siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah bagaimana implementasi Ice Breaking dalam meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa kelas 3B MI Muhammadiyah 28 Surabaya dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan Ice Breaking di MI Muhammadiyah 28 Surabaya kesimpulan yang di dapat adalah Penerapan Ice Breaking dengan metode kuis berhadiah sangat membantu siswa dalam meningkatkan konsentrasi pada saat pembelajaran berlangsung karena mereka tidak merasa tertekan dan membuat mereka merasa senang dengan adanya metode Ice Breaking dalam Pembelajaran Faktor Penghambat dan pendukung dalam melaksanakan ice breaking yaitu penghambatnya siswa lebih berfokus dengan ice breakingnya saja tanpa memahami materi yang disampaikan oleh gurunya, dari segi pendukungnya siswa lebih siap melakukan pembelajaran dan lebih cepat mengerti dari pada tidak memakai ice breaking saat proses pembelajaran berlangsung

Biografi Penulis

Meirza Nanda Faradita, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Referensi

Chlup, D. T., & Collins, T. E. (2010). Breaking the ice: Using ice-breakers and re-energizers with adult learners. Adult Learning, 21(3–4), 34–39.

Cui, P., Zhang, A.-M., Wang, S., & Khoo, B. C. (2018). Ice breaking by a collapsing bubble. Journal of Fluid Mechanics, 841, 287–309.

Faradita, M. N., & Suweleh, W. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Hafifah, G. N. (2020). Teachers perspectives of ICT integration in English language teaching: A review of literature. Journal of English Educators Society (JEES), 5(1), 9–15.

Hafizah, A. (2021). Penerapan Ice Breaking Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Pada Siswa SMA Negeri 2 Banda Aceh. UIN A-raniry.

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330.

Kasimova, G. (2022). Importance of ice breaking activities in teaching english. Science and Innovation, 1(B7), 117–120.

Khoerunisa, T. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase, 1(1), 84–92.

Mulatsih, B. (2020). Application Of Google Classroom, Google Form And Quizizz In Chemical Learning During The Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26.

Mutiaramses, M., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43–48.

Prayuda, I. C., Agung, P., Mashari, A., & Tohir, A. (2022). Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–5.

Sarimanah, E. (2016). Efeectivenes Of PQ4R Metacognitive Strategy Based Reading Learning Models in Junior High School. Jurnal IJLECR (Internastional Journal of Language Education and Culture Review), 2(1), 74–81. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ijlecr/article/view/1882

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Sonia, G., Wijayatiningsih, T. D., Mulyadi, D., Ifadah, M., Aimah, S., Budiastuti, R. E., … Sriprasert, C. (2021). EFL STUDENTS’ENTHUSIASM ON LEARNING GIVING ADVICES MATERIAL THROUGH ICE BREAKER. Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sugihan 03. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 73–85.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-28

Cara Mengutip

Fauzi, M. I. R., & Faradita, M. N. (2024). Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas 3B MI Muhammadiyah 28 Surabaya. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 3(1). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/22474