Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran dengan Realistic Mathematics Education Siswa Kelas II-D SDN Manukan Kulon

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN DENGAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION SISWA KELAS II-D SDN MANUKAN KULON

Penulis

  • Hidayatul Istifadah universitas negeri surabaya

Kata Kunci:

matematika, pengukuran, realistic mathematics education.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran di kelas II pada SD N Manukan Kulon. Pendekatan yang digunakan adalah Realistic Mathematics Education. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTanggart. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II pada SD N Manukan Kulon, Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Instrumen tes ini dilakukan pengujian validitas isi dan expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilannya adalah 75% dari seluruh siswa berada di atas batas KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar materi pengukuran mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rerata evaluasi siklus I dari 77,2 menjadi 95,67 pada siklus II. Persentase peningkatan siswa yang tuntas sebesar 80% dari 20,45% menjadi 85,56%.

 

Referensi

Dryden, G & Vos, J. (2001). Revolusi Cara Belajar. Bandung : Kaifa.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siregar, E. & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suharjo. (2006) . Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar, Teori dan Praktek. Jakarta: Dirjen Dikti.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-08

Cara Mengutip

Istifadah, H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran dengan Realistic Mathematics Education Siswa Kelas II-D SDN Manukan Kulon: PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN DENGAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION SISWA KELAS II-D SDN MANUKAN KULON . J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 3(1). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/22126