Model Problem-Based Learning (PBL) dengan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif

MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF

Penulis

  • Retno Indah Kusumawati universitas negeri surabaya

Kata Kunci:

pbl, hasil belajar kognitif, motivasi belajar, pembelajaran berdiferensiasi

Abstrak

Tujuan penelitian ini mencakup tiga hal, yaitu (1) Mendeskripsikan implementasi model PbL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif; (2) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa setelah implementasi model PbL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi; dan (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah implementasi model PbL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X. Adapun data dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, dan tes, dengan instrumennya masing-masing lembar pengamatan penerapan model PbL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi, lembar angket motivasi belajar, dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh simpulan bahwa (1) Penerapan model PbL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi dikatakan berhasil apabila mencapai persentase ≥ 80%; (2) Motivasi belajar siswa secara klasikal dikatakan tercapai apabila persentase motivasi belajar seluruh siswa dalam kelas tersebut mencapai ≥ 80%; (3) Siswa dikatakan tuntas belajar secara individual apabila mendapatkan nilai ≥ 75. Sedangkan ketuntasan secara klasikal dikatakan tercapai apabila seluruh siswa dalam kelas tersebut tuntas belajar dengan persentase mencapai ≥ 80%.

 

Referensi

Abbas, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) dalam Pembelajran Matematika di SMU. http://www.depdiknas.go.id/jurnal

Arikunto, S. (2018). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayama, J. (2018). Metodologi pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, Muslimin. (2017). Pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Unesa Universiy press.

Indarti, T. (2018). Penelitian tindakan kelas (ptk) dan penulisan ilmiah. Surabaya: Lembaga Penerbitan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya.

Kunandar. (2018). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, I., & Berlin, S. (2017). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Surabaya: Kata Pena.

Kusnandar, D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar IPA. 1(1), 17-30. Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, dan Budaya.

Sudjana, N. (2018). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukardi. (2018). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Susanto, A. (2018). Teori belajar pembelajaran di sekolah. Jakarta: Prenada Media Group.

Website:

https://shorturl.at/pzOVZ

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-08

Cara Mengutip

Kusumawati, R. I. (2024). Model Problem-Based Learning (PBL) dengan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif: MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 3(1). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/22124