Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Materi Dinamika Atmosfer untuk Meningkatkan Hasil Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X-5 Di SMA Negeri 1 Sidoarjo

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATERI DINAMIKA ATMOSFER UNTUK MENINGKATKAN HASIL KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS X-5 DI SMA NEGERI 1 SIDOARJO

Penulis

  • Istikharotul Khoirun Nisa universitas negeri surabaya

Kata Kunci:

Problem-based Learning; Kemampuan Berfikir Analitis, Dinamika Atmosfer

Abstrak

Pada pembelajaran geografi menuntut peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tingginya, yakni kemampuan berpikir secara analitis. berpikir analitis menjadikan peserta didik dapat mengatasi dan juga mampu menghadapi segala permasalahan yang sedang dihadapi dengan mudah, sehingga dengan menggunakan kemampuan berpikir secara analitis peserta didik dapat memecahkan persoalan yang dihadapi.  Langkah yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan    analitis yakni dengan menggunakan model Problem-based Learning (PbL). Penelitian ini dilakukan di kelas X-5 yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model PbL untuk meningkatkan hasil kemampuan berpikir analitis dalam proses pembelajaran geografi di kelas X-5 SMAN 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Suharsimi Arikunto dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest-posttest, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PbL dapat meningkatkan hasil kemampuan berpikir analitis siswa dalam

Referensi

Adi Adriadi and Nafan Tarihoran. (2016). Pembelajaran problem based learning (PBL) dan motivasi siswa terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 1 Ciruas Serang. Jurnal Kajian Keislaman, 3(2), 15–37

Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & Haryati, N. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 319–324. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/

Bialik, M., & Fadel, C. (2015). Skills for the 21 st Century: What Should Students Learn? In Center for Curriculum Redesign (Issue March)

Darwati, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. WIDYA ACCARYA:

Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 12(1), 61–69

Fitriani, F., Fadly, W., & Faizah, U. N. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Analitis Siswa pada Tema Pewarisan Sifat. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 55–67.

Irawati, T. N., & Mahmudah, M. (2018). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir analisis siswa SMP dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Kadikma, 9(2), 1–11.

Mardani, N. K., N. B. Atmadja, and I. N. Suastika. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips." Jurnal Pendidikan IPS Indonesia 5.1 (2021): 55-65.

Noviani, Y., Hartono, & Rusilowati, A. (2017). Analisis pola pikir siswa dalam menyelesaikan soal sains ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta literasi sains. Journal of Innovative Science Education, 6 (2), 147–154

Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 pada Mata Pelajaran PKN di SD Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94–105. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.74

Susilowati, S. M. E., Delima, A., & Widiyaningrum, P. (2017). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKS Kreasi Sistem Respirasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Satya Widya, 33(2), 154-164. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p154-164

Utami, M. R., Ardiyanti, Y., & Ratnasari, D. (2020). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMK pada Materi Karbohidrat. Jurnal Satya Widya, 36(2), 81-87. https://doi.org/10.24246/j.sw.2020.v36.i2.p81-87

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-08

Cara Mengutip

Nisa, I. K. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Materi Dinamika Atmosfer untuk Meningkatkan Hasil Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas X-5 Di SMA Negeri 1 Sidoarjo: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATERI DINAMIKA ATMOSFER UNTUK MENINGKATKAN HASIL KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS X-5 DI SMA NEGERI 1 SIDOARJO. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 3(1). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/22123