PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

Penulis

  • shifaul jannah universitas negeri surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v3i2.22114

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Pembelajaran, Project Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan memakai model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini dilaksanakan kepada peserta didik di kelas XI-2 SMAN 1 Sidoarjo menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI-2 sejumlah 32 siswa dan siswi. Penelitian dimulai melalui tes dilanjutkan melalui penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Sebelum diadakan penelitian tindakan kelas, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yaitu 79. Setelah pelaksanaan tindakan di siklus 1 rata-rata nilai hasil belajar meningkat yaitu 82,1. Tahap siklus 2 mengalami peningkatan rata-rata nilai hasil belajar lebih tinggi yaitu 86,75. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI-2 SMAN 1 Sidoarjo pada mata pelajaran sejarah.

Referensi

Pontjowulan. 2023. Menjadi Guru Hebat, Bukan Sekedar Mengajar. Riau: DOTPLUS Publisher.

Ariani, Yetti., Yullys, Helsa., & Syafri, Ahmad. 2020. Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Umrah., Lulu, L, M., & Sri, D, K. 2021. Implementasi Nilai Nilai Pendidkan Ki Hadjar Dewantara. Bandung: Indscript Creative.

Andi, Riki., Muhammad, I., Ida S. 2021. Tipologi Peninggalan Sejarah. Klaten, Jawatengah: Penerbit Lakeisha

Arifin, Muhammad., Rini, E. 2021. Implementasi Metode Tutor Sebaya dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Medan: Umsu Press

Mayasari, Nanny., Augusta., & Eva. 2023. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Padang, Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi

Puji, Eko. 2022. Project Based Learning (PjBL):Solusi Ampuh Pembelajaran Masa Kini. Lombok Tengah,NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Mahtumi, I., Ine., & Tedi. 2022. Pembelajaran Berbasis Proyek (Projects Based Learning). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sinar. 2018. Metode Active Learning. Sleman: Penerbit Deepublish

Fatirani, Herneta. 2022 Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Sistem Ekskresi Manusia. Lombok Tengah NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Suprayitno, Adi. 2020. Menyusun PTK Era 4.0. Sleman: Penerbit Deepublis

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-03

Cara Mengutip

jannah, shifaul. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 3(2). https://doi.org/10.30651/jses.v3i2.22114