PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)
DOI:
https://doi.org/10.30651/jses.v3i2.22114Kata Kunci:
Hasil Belajar, Pembelajaran, Project Based LearningAbstrak
Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan memakai model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini dilaksanakan kepada peserta didik di kelas XI-2 SMAN 1 Sidoarjo menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI-2 sejumlah 32 siswa dan siswi. Penelitian dimulai melalui tes dilanjutkan melalui penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Sebelum diadakan penelitian tindakan kelas, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yaitu 79. Setelah pelaksanaan tindakan di siklus 1 rata-rata nilai hasil belajar meningkat yaitu 82,1. Tahap siklus 2 mengalami peningkatan rata-rata nilai hasil belajar lebih tinggi yaitu 86,75. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI-2 SMAN 1 Sidoarjo pada mata pelajaran sejarah.
Referensi
Pontjowulan. 2023. Menjadi Guru Hebat, Bukan Sekedar Mengajar. Riau: DOTPLUS Publisher.
Ariani, Yetti., Yullys, Helsa., & Syafri, Ahmad. 2020. Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Umrah., Lulu, L, M., & Sri, D, K. 2021. Implementasi Nilai Nilai Pendidkan Ki Hadjar Dewantara. Bandung: Indscript Creative.
Andi, Riki., Muhammad, I., Ida S. 2021. Tipologi Peninggalan Sejarah. Klaten, Jawatengah: Penerbit Lakeisha
Arifin, Muhammad., Rini, E. 2021. Implementasi Metode Tutor Sebaya dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Medan: Umsu Press
Mayasari, Nanny., Augusta., & Eva. 2023. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Padang, Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi
Puji, Eko. 2022. Project Based Learning (PjBL):Solusi Ampuh Pembelajaran Masa Kini. Lombok Tengah,NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia
Mahtumi, I., Ine., & Tedi. 2022. Pembelajaran Berbasis Proyek (Projects Based Learning). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sinar. 2018. Metode Active Learning. Sleman: Penerbit Deepublish
Fatirani, Herneta. 2022 Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Sistem Ekskresi Manusia. Lombok Tengah NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia
Suprayitno, Adi. 2020. Menyusun PTK Era 4.0. Sleman: Penerbit Deepublis