Pelaksanaan Literasi Al-Qur`An dalam Menanamkan Budaya Religius di UPTD SMP 7

Penulis

  • Suriyati Suriyati UNIVERSITAS ISLAM AHMAD DAHLAN
  • Nuriya Ramadani Universitas Islam Ahmad Dahlan

Kata Kunci:

Al-Qur`an literacy, Literacy Urgency, Religious Culture

Abstrak

Literasi al-qur`an itu sesuatu yang sangat esensial yang wajib dilaksanakan di dalam diri semua muslim, terutama generasi muda. Literasi al-qur`an dapat diimplementasikan di beragam aktivitas, entah di sekolah, di masyarakat, ataupun di keluarga. Dengan itu peneliti mengangkat tema pelaksanaan literasi al-qur`an dalam menanamkan budaya religius di sekolah yakni UPTD SMPN 7 Sinjai. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk memahami pelestrian budaya religius melalui pelaksanaan literasi al-qur`an. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif-kualitatif dan dengan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara observasi, dan literatur. Dari hasil kajian literatur, diperoleh bahwa literasi al-qur`an itu berupa aktivitas membaca, menulis, dan memahami al-qur`an. Kegiatan ini begitu urgen untuk dilakukan, sebab bisa menumbuhkan budaya religius pada jiwa peserta didik. Pemahaman akan al-qur`an bisa melahirkan nilai-nilai religius, seperti keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, dan cinta kasih. Nilai-nilai akan menjadi dasar bagi peserta didik bagaimana berperilaku dan bersikap sesuai dengan ajaran Islam.

Referensi

Abdul, H. (2016). Pengantar Studi Al-Qur`an (1st ed.). KENCANA.

Abdul Mujib. (2023). Literasi Al-Qur’an di Sekolah Negeri; Studi Model, Implementasi, dan Evaluasi. Deepublish.

Adawiyah, R. (2022). Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Al-Qur`an Hadis (1st ed.). PT Nasya Expanding Management.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Aji, H., Marki, jamaluddin M., Rofiq, M., & Aziz, A. R. A. (2022). Urgensi pemenuhan Kebutuhan Mushaf sebagai Upaya Peningkatan Literasi Al-Qur`an di Indonesia. Jurnal Bimas Islam, 15(1).

Andriani, A. D., Awaluddin, R., Muzaki, I. A., Pajarianto, H., Imawan, rfan sophan, Hamdani, Isnawati, Latif, N. afifah, Nugroho, R. S., & Imaduddin, M. (2022). Pendidikan Agama Islam Di Era Disrupsi. TOHAR MEDIA.

Anshari, M. R. (2023). Tantangan Penerapan Pembelajaran Literasi di Sekolah Sasaran Program Kampus Mengajar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (JIIP), 1(1).

Arief, M. (2021). Budaya Religius dan Literasi Al-Qur’an dalam Mewujudkan Masyarakat Madani. Jurnal Al-Bayan: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 17(2).

Arifin, S. (2022). Pengaruh Literasi Al-Qur’an Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 19(2).

Basri, H., & Saebani, B. A. (2013). Ilmu pendidikan Islam. Pustaka Setia.

Berliana, N., Rustinar, E., Suyuthi, H., Mahdijaya, & Gunawan, H. (2023). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Dalam Pengembangan Pojok Membaca Sdn 65 Kota Bengkulu. Communnity Development Journal, 4(3).

Dan, H. M., & Siti, W. (2020). Melihat dari segi keagamaan, berdasarkan observasi yang dilakukan, terkait dengan merosotnya karakter religius peserta didik di SMP Negeri 2 Bae Kudus masih terlihat dari rendahnya pengetahuan dan pemahaman dalam membaca Al-Qur’an, ini terbukti ketika pem. JCE (Journal Of Childhood Education), 4(1).

Dewayani, S., & Ningdyah, P. R. (2017). Suara dari Marjin: Literasi Seabagai Praktik Sosial. PT Remaja Rosdakarya.

Firmansyah, R., Alquriyaha, Y., & Prahastiw, E. D. (2023). Upaya guru dalam meningkatkan budaya literasisiswa SD. Journal of Basic Learning and Thematic, 1(1).

Hanafi, Y., Murtadho, N., Ikhsan, M. A., Saefi, M., & Diyana, T. N. (2019). Literasi Al-Qur`an Model Pembelajaran Tahsin-Tilawah Berbasis Talqin-Taqlid. Delta Pijar Khatulistiwa.

Hawi, A. (2013). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. PT. Raja Grafindo Persada.

Hendri, Utami, I. S., & Nurlaili, L. (2022). Optimalisasi Peran Sekolah dengan Analisis Interaktif bagi Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1).

Hidayat, & dan Nurhayati. (2022). Peran Literasi Al-Qur’an dalam Membangun Budaya Religius di Sekolah. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 10(1).

Hidayat, M. F. (2020). Budaya Religius: Sebuah Perspektif Psikologi Sosial. Jurnal Psikologi Sosial, 18(3).

Huda, N. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Al-Qur’an Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2).

Khoirul, A. (2021). Pendidikan Islam Multikultural : konsep dan Implementasi praktis di Sekolah (1st ed.). Academia Publication.

Kurniasih, I. (2022). Urgensi literasi dalam Al-Qur`an Perspektif Tafsir Maqashidi. Living Islam, 5(1).

Maisyarah, P., & Amalih, I. (2023). Literasi Dalam Al-Qur’an: Tinjauan Tematik Tafsir Al-Mishbah. Al-Furqan : Jurnal Ilmu Al-Qur`an Dan Tafsir, 6(2).

Munashirah. (2023). Narasumber. GURU PAI UPTD SMP NEGERI 7 SINJAI.

Nafisah, J., Naseh, A. H., Minan, M. A., & Wahidi, R. (2021). Studi Living Qur’an Tentang Implementasi Program Baca Tulis Qur’an Melalui Tradisi Literasi Alǧqur’an Di Man 1 Gunung Kidul. Jurnal Syahadah, 9(2).

Nasrikin, R., Komalasari, K., & Ruhimat, M. (2023). Pengaruh Literasi Media Internet Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Era Covid-19. Jurnal Civic Hukum, 8(1).

Nurhayati, R., Urba, W., Suriyati, Ningsih, D. A., Amin, A., Suwito, A., & Sartina. (2023). Pendampingan BTA (Baca Tulis Al Qur’an) Dan Pembagian Mufrodat (Kosa Kata Bahasa Arab Pada Santri TK/TPA Di Desa Ancu. Jurnal Panrita: Jurnal Pengabidan Kepada Masyarakat, 1(2).

Nuryamin, Damayanti, E., F, H., & Suriyati. (2021). Pendidikan Hakikat Manusia (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam). AL-QALAM : Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(1).

Rahmawati, A., N., & & Sa’diyah, A. (2021). Peran Literasi Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Praktik, 9(1).

Rohimdan, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Vol 6, No 3, September 2020Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3).

Salahudin, A., & Alkrienciehie, dan I. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. PT RAJA GRAFINDOPERSADA.

Siti, R. (2020). Strategi guru PAI Dalam Membina Karakter Peserta Didik SMK Al-Falah Salatiga. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M).

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Syarifuddin, U. H., Munir, & Haddade, H. (2021). Implementasi literasi Al-Qur`an Dalam Pembinaan Karakter Religiusitas Peserta Didik Pada SMA/SMK Di Kabupaten Sidenreng Rappang. TARBAWI Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1).

Tasu’ah, Leksono, I. P., & R, R. D. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Visual Story telling Versus Metode Pembelajaran Sq3r Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas 3 SDN Anggaswangi 1 dan SDN Anggaswangi 2Sidoarjo Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2).

Thoyyibah, L. M. (2023). Pengaruh Pendidikan Akidah Ahklak Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Pada MINurul Islam Mirigambar. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam Dan Anak Usia Dini, 2(4).

Yantisyahrani, & Suriyati. (2023). Bimbingan Kelas Literasi Baca Tulis Di Luar Jam Sekolah Di

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-08

Cara Mengutip

Suriyati, S., & Ramadani, N. (2024). Pelaksanaan Literasi Al-Qur`An dalam Menanamkan Budaya Religius di UPTD SMP 7. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 3(1). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/21665