Metode Pembelajaran Melalui Media Loose Part dalam Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Anak Usia Dini

Penulis

  • Elluza Dwi Febrianti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Muhammad Ridlwan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v2i3.21016

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran melalui media loose Part dalam meningkatkan kemampuan kreatifitas Anak Usia Dini TK Dharma Wanita Kedungsari. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan inferensial. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu TK Dharma Wanita Bendung. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan pretest dan posttest kepada siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran melalui media loose Part dan variable terikatnya adalah kemampuan kreativitas anak usia dini Dini TK Dharma Wanita Kedungsari sesuai dengan data yang ditemukan bahwa diketahui signifikansi Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pretes dan Belajar posttest, yang artinya ada penerapan metode pembelajaran melalui media loose Part.  Maka dengan demikian pada analisis data ini juga dapat diketahui bahwa t hitung bernilai negative sebesar 34.568. t-hitung bernilai nigatif ini disebabkan karena nilai rata-rata belajar pretest lebih rendah daripada rata-rata hasil belajar posttest sehingga t-hitung menjadi t-hitung 34.568 > t-tabel 2.037, maka hal ini artinya sebagaimana dasar pengambilan keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara rata-rata pretest dan postes.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-27

Cara Mengutip

Dwi Febrianti, E., Ridlwan, M., & Abidin, R. (2023). Metode Pembelajaran Melalui Media Loose Part dalam Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Anak Usia Dini . J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(3). https://doi.org/10.30651/jses.v2i3.21016