Metode Pembelajaran Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini TK Kartika Jombang

Penulis

  • Afisya Paradisa Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Naili Sa’dah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wardah Suweleh Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini TK Kartika Jombang. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan inferensial. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu TK Kartika. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan pretest dan posttest. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji hipotesis dengan bantuan software SPSS. 16.00 for windows. Diketahui diketahui nilai signifikansi Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Diketahui bahwa t hitung bernilai negative sebesar -36.877. t-hitung bernilai nigatif ini disebabkan karena nilai rata-rata belajar pretest lebih rendah daripada rata-rata hasil belajar posttest sehingga t-hitung menjadi t-hitung -36.877 > t-tabel 2.110, maka artinya sebagaimana dasar pengambilan keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara rata-rata pretest dan postes penerapan metode demonstrasi terhadap kemampuan membaca anak usia dini TK Kartika Jombang.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-27

Cara Mengutip

Paradisa, A., Sa’dah, N., & Suweleh, W. (2023). Metode Pembelajaran Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini TK Kartika Jombang. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(3). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/21012