Metode Pembelajaran Mendongeng Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial-Emosional Anak Usia Dini TK Islam Insan Mulia Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.30651/jses.v2i3.20923Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran mendongeng sebagai upaya meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak usia dini TK Islam Insan Mulia Mojokerto. Anak-anak perlu diberikan rangsangan untuk meningkatkan sosial-emosionalnya sejak dini karena hal itu menjadi salah satu upaya dalam mencerdaskan anak bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan inferensial. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu TK Islam Insan Mulia Mojokerto. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dengan tujuan untk mendapatkan sampel yang representatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan pretest dan posttest kepada siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode analisisregresi linier berganda, dengan menggunakan bantuan software SPSS. 16.00 for windows. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa Sesuai dengan output Paired Samples Test menunjukkan bahwa diketahui nilai signifikansi Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pretes dan Belajar posttest, yang artinya ada pengaruh penerapan metode pembelajaran mendongeng sebagai upaya meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak usia dini TK Islam Insan Mulia Mojokerto. Maka dengan demiikian juga dapat diketahui bahwa t hitung bernilai negative sebesar -15.289. t-hitung bernilai nigatif ini disebabkan karena nilai rata-rata belajar pretest lebih rendah daripada rata-rata hasil belajar posttest sehingga t-hitung menjadi t-hitung -33.140 > t-tabel 2.145, maka artinya sebagaimana dasar pengambilan keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.