Penerapan Metode Pembelajaran Sentra Balok untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok A1 RA Hidayatul Hikmah

Penulis

  • erna wati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin
  • Tri Kurniawati

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk penerapan metode pembelajaran sentra balok untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok A1 RA Hidayatul Hikmah Lolawang. Metode pembelajaran sentra balok dapat menjadikan suasana pembelajaran lebih asik dan menyenangkan dan anak-anak mampu mengembangkan kemampuan motoric halusnya. =. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa diketahui nilai signifikansi Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pretes dan Belajar posttest, yang artinya ada pengaruh metode pembelajaran sentra balok terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini. Dapat diketahui bahwa t hitung bernilai negative sebesar -15.289. t-hitung bernilai nigatif ini disebabkan karena nilai rata-rata belajar pretest lebih rendah daripada rata-rata hasil belajar posttest sehingga t-hitung menjadi t-hitung 15,289 > t-tabel 2,000, maka artinya sebagaimana dasar pengambilan keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara rata-rata pretest dan postes yang artinya bahwa ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran sentra balok mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-27

Cara Mengutip

wati, erna, Abidin, R., & Kurniawati, T. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Sentra Balok untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok A1 RA Hidayatul Hikmah. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(3). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/20922