PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Akhlis Nastainul Firdaus a:1:{s:5:"id_ID";s:33:"Universitas Muhammadiyah Surabaya";}
  • Ghonim Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v2i3.20912

Abstrak

Media pembelajaran merupakan perangkat penunjang yang membantu pendidik menyampaikan materi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang telah ada untuk mendukung kegiatan pembelajaran yakni penggunaan media berbasis permaianan edukatif dalam pelajaran bahasa indonesia paa anak Sekolah Dasar dapat memikat peserta didik untuk ikut serta dalam pembelajaran karena penggunaan media pembelajaran berbasis permaianan akan memacu mereka untuk berkompetisi mendapatkan hasil belajar yang baik. Antusisas mereka yang tinggi akan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus dipelajari dan dikuasai peserta didik. Pembelajaran bahasa Indonesia diungkapkan Abidin (2012:5) sebagai serangkaian aktivitas yang dilakukan peserta didik untuk mencapai keterampilan berbahasa tertentu. Salah satu aspek ketercapaian keterampilan berbahasa peserta didik, yaitu denga menerapkan  media yang  variatif  dan  sesuai  kebutuhan. Guna menciptakan kegiatan belajar mengajar secara menyenangkan, peneliti mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk yang pengaplikasiannya menggunakan seperangkat komputer, yaitu permainan edukatif.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-27

Cara Mengutip

Firdaus, A. N., & Ghonim, M. I. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(3). https://doi.org/10.30651/jses.v2i3.20912