Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Kelas 11 IPA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran model discovery learning terhadap hasil belajar mata pelajaran biologi materi sistem gerak pada manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 11 IPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 18 siswa dengan jumlah siswa perempuan sebanyak 11 anak dan jumlah siswa laki-laki sebanyak 8 anak. Sebelum penerapan model pembelajarn discovery learning diperoleh hasil perhitungan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 53,8 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 0% (tidak tuntas). Sedangkan setelah penerapan model pembelajaran discovery learning diperoleh hasil perhitungan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 80,5 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,9% (tuntas). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran biologi pada siswa kelas 11 IPA SMA Muhammadiyah 9 Surabaya tahun ajaran 2022/2023.Referensi
Istiana, G. A., 2015. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pokok bahasan larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 1 Ngemplak tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, Volume 4, pp. 65-73.
Pratiwi, D. I., 2019. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery pada mata pelajaran IPA SDN 66 kota bengkulu, Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.
Rosarina, G., 2016. Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, Volume 1, p. 1.
Sugo, M. N., 2021. Efektivitas pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar materi karakteristik zat dan perubahannya. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, Volume 14, pp. 44-50.
Sulfemi, W. B., 2019. Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan, Volume 5, p. 1.