Penggunaan Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • Nofia Aprilia Amanu Universitas Muhammamdiyah Surabaya
  • Meirza Nanda Faradita Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Dwi Lukitasari Universitas Muhammamdiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-MIA 2 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya mengunakan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) pada materi Sistem Gerak Pada Manusia. Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitiam Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan desain metode pembelajaran Group Investigation yang dilakukan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis yang diberikan kepada siswa berupa soal pilihan ganda sejumlah 20 soal. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-2 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi dengan metode pembelajaran kooperatif Group Investigation terjadi peningkatan pada nilai rata-rata dari sikuls I sebesar 49,34 dengan presentase ketuntasan klaksikal 52,17% menjadi 66,52 dengan presentase ketuntasan klaksikal sebesar 78,26% di siklus II. Jadi terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran Biologi sebesar 26,09%

 

Referensi

BBainuddin. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berorientasi Kontekstual Pada Materi Pokok Eubacteria dan Archebacteri Kelas XI SMA Negeri 2 Sigli Tahun Pelajaran 2019/2022. Journal Unigha, Vol. 2 (No. 2), 10-19.

Indramawan, Anik dan Suhartono. (2021). Group Investigation; Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran. Lamongan: Academia Publication.

Kurniawan, Budi. et al., 2017. Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 4 (No. 2 ), 156-162.

Kurniati, Sri. (2022). Metode Pembelajaran LBS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Pekalongan: Penerbit NEM.

Minarti, Sri. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Group Investigation Pada materi Archaebacteria dan Eubacteria di Kelas X MAN 2 MODEL Medan. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, Vol. 2 (No. 3), 388-397.

Sugiani. (2022). Group Investigation Model Pembelajaran Masa Kini. Lombok Tengah: P4I.

Suprayitno, Adi. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Yogyakarta: Deepublish.

Widyanto, P. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Journal Pendidikan Dasar Nusantara, Vol. 3 (No. 1), 118-129.

Wijaya, Febditya Aji. et al, 2018. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Group Investigation Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Widyagogik, Vol. 5 (No. 2), 149-158.

Yohana, Syofia. (2022). Kooperatif Tipe Investigation dan Aktivitas Belajar. Lombok Tengah: P4I.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Amanu, N. A., Faradita, M. N., & Lukitasari, D. (2023). Penggunaan Metode Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(2). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/19267