Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Abstrak
Kecerdasan logika matematika menurut Gardner merupakan kecerdasan dalam menggunakan angka dan logika, antara lain yaitu memperkaya pengalaman berinteraksi dengan konsep matematika, eksplorasi pikiran melalui diskusi, mengenal bilangan melalui lagu, mengenal bentuk geometri. Keerdasan tersebut dapat dibentuk dengan mata pelajaran matematika, namun di Sekolah Dasar umumnya menjadi pelajaran yang sulit bagi peserta didik sehingga kurang disukai. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Teknik pengambilan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dengan pengumpulan data, reduksi data, display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik lebih aktif dalam belajar, mampu bekerja sama, dan dapat melakukan presentasi secara baik. Kemampuan peserta didik SD Muhammadiyah 7 Surabaya dalam memahami konsep dasar materi atau materi unsur-unsur lingkaran, kemampuan berpikir dalam menginvestigasi atau menemukan atau memecahkan masalah matematika menjadi baikReferensi
Ahmadi, Rulam (2017).Pengantar Pendidikan : asas dan filsafat Pendidikan.Yogyakarta:Ar- Ruzz media.https://opac.perpusnas.go.id/detailopac.aspx?id=1145002
Ariswati, N. P. E. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Nanggulan. Mimbar PGSD, 6(4). https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007
Brathatapa, I Nyoman Gede (2021).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn pada Materi Kewenangan Lembaga–Lembaga Negara. Journal of Education Action Research
Chiang, C. L., & Lee, H. (2016). The effect of project-based learning on learning motivation and problem-solving ability of vocational high school students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709-712.
Suryawati, E., Suzanti, F., Zulfarina, Z., Putriana, A., & Febrianti, L. (2020). The Implementation of Local Environmental Problem-Based Learning Student Worksheets to Strengthen Environmental Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 169-178. doi:https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892