Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30651/jses.v2i3.19259Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi Substansi Genetik terhadap siswa kelas XII SMA. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya tahun pelajaran 2021/2022 semester ganjil. Sasaran penelitian yaitu siswa kelas XII MIA 2 sebanyak 26 orang. Tahapan penelitian dilakukan 2 siklus yang dimana disetiap penutup siklus dibagikan tes untuk mengidentifikasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian membuktikan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi Subtansi Genetik. Hal ini dapat ditunjukkan oleh hasil rata-rata tes pada siklus 1 yaitu 69 dan hasil presentase kentutasan siswa 27% sedangkan hasil rata-rata tes pada siklus 2 yaitu 82 dan hasil presentase ketuntasan siswa 81%. Dari data yang didapatkan dari siswa pada siklus 1 dan 2 dapat menunjukkan peningkatan signifikan dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe JigsawReferensi
Abbas, M. L. H. (2019). Penerapan Pembelajaran Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 270–277. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1409
Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311
Astiti, D. K., & Murda, I. N. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sd. Journal of Education Action Research, 1(2), 94. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12043
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Ferdiani, D. (2021). Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(2), 2013–2015.
Insany, Y.A.S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Fisika SMK. Produktif : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 316–320.
Pujingsih, R.R.S. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Gerung. Jurnal Paedagogy, 8(1), 50. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3196
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Purwono, D. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan Tembusai, 4(2),
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.
Wihartanti, L. V. (2017). -Issn 2337-4721. Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(1),
Yasin et, A. (2022). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Penerapan Teknologi Seni Pada Sanggar Seni Tradisional Di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, 1(2),
Mu’ammara, M. A., & Sujinahb, A. N. A. (2020). Children’s Good Character Development with Traditional Literature for Conveying Moral Values. Children, 11(5).