Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Penulis

  • Dwi Suci Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Meirza Nanda Faradita Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Dwi Lukitasari Sudjani Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XII MIA 3 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya pada pembelajaran Biologi semester 1 pada materi sintesis protein melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas XII MIA 3 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya yang berjumlah 25 peserta didik dengan 17 peserta didik perempuan dan 8 peserta didik laki-laki. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, angket serta tes sedangkan instrumen penelitian yang digunakan berupa sebuah lembar observasi untuk mengamati tindakan guru dan keterlaksanaan sintaks model STAD dan lembar tes berupa pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar biologi kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berdasarkan ketuntasan hasil belajar pada siklus II dengan persentase sebesar 92% dan rata-rata nilai 82.

Referensi

Agustina. (2020). Meningkatkan Perilaku Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas XII IPA SMA Muhammadiyah Bangkinang Tahun Pelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1785–1798.

Andira, A., Hasmawati, H., & R, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman. [Internet]. [Cited 20 Desember 2022]. Available from : https://doi.org/10.26858/interference.v1i2.14699

Davi Sofyan. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Keterampilan Lay-Up Shoot Bola Basket. [Internet]. [Cited 20 Desember 2022]. Available from : https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.740

Dedek Andrian, Astri Wahyuni, Syarul Ramadhan, Fini Rezy Enabela Novilanti, & Zafrullah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, dan Motivasi Belajar. [Internet]. [Cited 20 Desember 2022]. Available from : https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.163

Fatimah, L., & Shofi, A. (2019). Aktivitas Siswa SMP dalam Proses Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Matematika. [Internet]. [Cited 22 Desember 2022]. Available from : https://doi.org/10.35719/mass.v1i1.4

Hazmiwati. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar IPA. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1), 178–184.

Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. [Internet]. [Cited 22 Desember 2022]. Available from : https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807

Sman, H., Uwai, B., & Email, B. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Bangkinang Melalui Model. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29–41.

Sundari, S. G. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(20), 143–154.

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). [Internet]. [Cited 22 Desember 2022]. Available from: https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Tindangen, M., & Palenewen, E. (2018). Analisis Permasalahan Guru Terkait Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) di SMA Teacher Problem Analysis in the Development of Biology Learning Tools Integrated by Reading Questionn. 4(1), 18–25.

Wirta, I. M. (2021). Upaya meningkatkan prestasi belajar PPKN melalui model pembelajaran kooperatif tipe students team achievement division (STAD). Indonesian Journal of Educational Development, 1, 716–725. [Internet]. [Cited 22 Desember 2022]. Available from : https://doi.org/10.5281/zenodo.4562076

Yulandra, R., Pratiwi, &, Hasil, P., Ipa, B., Kelas, S., Mandurian, V., Tapin, K., Selatan, K., & Pujiastuti, P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Stad Dan Savi Untuk Meningkatkan PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MANDURIAN KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 107.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Rahmawati, D. S., Faradita, M. N., & Sudjani, D. L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(2). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/19238