Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media LKPD terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Penulis

  • Jihan Amaliah Saputri Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Dian Karina Rachmawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Dina Kamaliana SMA Muhammadiyah 9 Surabaya

Abstrak

Penelitihan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media LKPD terhadap hasil belajar siswa kelas XB SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XB. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XB SMA Muhammadiyah 9 Surabaya yang terdiri dari 18 siswa. Ditinjau dari peningkatan rata-rata nilai siswa setelah diberikan perlakuan dilihat dari hasil rata-rata nilai posttest mengalami peningkatan, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Discovery Learning dengan media LKPD berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XB SMA Muhammadiyah 9 Surabaya.

Referensi

Jeflin, H. (2020). Artikel ADM Hairunisa Jeflin (18029140) Minggu 3 (p. 2).

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Sari, A. D., & Noer, S. H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Model Creative Problem Solving (Cps) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2017, 245–252. https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/47

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Saputri, J. A., Rachmawati, D. K., & Kamaliana, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media LKPD terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(2). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/18973