Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media LKPD terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstrak
Penelitihan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media LKPD terhadap hasil belajar siswa kelas XB SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XB. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XB SMA Muhammadiyah 9 Surabaya yang terdiri dari 18 siswa. Ditinjau dari peningkatan rata-rata nilai siswa setelah diberikan perlakuan dilihat dari hasil rata-rata nilai posttest mengalami peningkatan, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Discovery Learning dengan media LKPD berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XB SMA Muhammadiyah 9 Surabaya.Referensi
Jeflin, H. (2020). Artikel ADM Hairunisa Jeflin (18029140) Minggu 3 (p. 2).
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Sari, A. D., & Noer, S. H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Model Creative Problem Solving (Cps) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2017, 245–252. https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/47