Pengaruh Media Pembelajaran Biologi Berbasis 3D Pada Materi Sel Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Surabaya

Penulis

  • Firdhatul Nisa Universitas Muhammmadiyah Surabaya
  • Ro’ifah Ro’ifah Universitas Muhammmadiyah Surabaya
  • Laila Annahaar SMA Muhammadiyah 4 Surabaya

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis 3D terhadap hasil belajar peserta didik SMA kelas XI pada pokok bahasan sel hewan, juga mempunyai tujuan untuk mengidentifikasi antusias peserta didik dalam media belajar sebelum menggunakan media pembelajaran 3D dan setelah menggunakan media 3D. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Kajian ini dilakukan dengan tahap sebagai berikut:  1) pemberian pre-test, 2) proses pembelajaran, dan 3) post-test. Penelitian ini menggunakan peserta didik kelas XI yang berjumlah 46 peserta didik sebagai sampel. Studi ini menunjukkan hasil bahwa rata-rata peserta didik yang belajar dengan media pembelajaran visualisasi 3D secara signifikan hasilnya lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik lainnya. Nilai kemampuan berpikir analisis peserta didik setelah diberi perlakuan menggunakan media 3D mengalami peningkatan. Sebelum diberi perlakuan, nilai pretest peserta didik menunjukkan rata-rata sebesar 94. Sedangkan, nilai posttest setelah diberi perlakuan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 96. Respon siswa juga mendapatkan nilai baik dibuktikan dari hasil analisis data dari google form mendapatkan presentase 93,5% berbanding 6,5%.

Referensi

Basuki, M. (2009). Analisa Website Universitas Muria Kudus. Jurnal Sains, 1-16

Depdiknas. (n.d.). Permendikbud No 22 Tahun 2006. Sistem Pendidikan Nasional 2006.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pengembangan Tes Diagnostik Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dewita. N., Putri. S., & Asep. W. N (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visualisasi 3D dan Animasi Molekul pada Sub Pokok Bahasa Bentuk Molekul di SMA. Prosiding Seminar Nasional.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Hasibuan. S. R., Asep. W. N., & Marini. D (2020). Development of Learning Media Based on Computation Method in Molecular Shape. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 488.

Jonkenedi. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6).

L, Sari E, Dwi Setya Putri A Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (2019) 3(2) 150-157

Osman, K. & Hiong, L.C., & Vebrianto, R. (2013). 21st Century Biology an Interdisciplinary Approachof Biology, Technology, Engineering and Mathematics Education. Sosial and Behavioral Sciences, 102, 188–194

Sadiman A.S., Raharjo R., Anung Haryono., Rahardjito (2007). Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Nisa, F., Ro’ifah, R., & Annahaar, L. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Biologi Berbasis 3D Pada Materi Sel Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(2). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/18947