Implementasi LKS Terhadap Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X4 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya

Penulis

  • Lailatul Fitria Universitas Muhammamdiyah Surabaya
  • Ro’ifah Ro’ifah Universitas Muhammamdiyah Surabaya
  • Laila Annahaar Universitas Muhammamdiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh implementasi Lembar Kerja Siswa terhadap peningkatan efektivitas hasil belajar Biologi siswa kelas X4 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Lembar Kerja Siswa (LKS) yang bertujuan untuk membimbing dan mengantarkan peserta didik mencapai tujuan proses belajar mengajar. LKS dapat melatih siswa menemukan dan mengembangkan keterampilan proses. LKS proses belajar mengajar biologi dan juga menjaga semangat peserta didik untuk terus berkembang sehingga dengan LKS pembelajaran menjadi efektif bagi guru dan siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental non parametrik. Desain penelitian ini adalah dengan memberikan pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis multiple choice yang disediakan pada google form. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menggunakan aplikasi SPSS 26 diperoleh nilai Asymp.Sig 0,000. Sehingga 0,000< 0,05 maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi LKS terhadap meningkatnya efektivitas pembelajaran biologi peserta didik kelas X4 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya.

Referensi

Asni, h. (2022, Maret 29). Pentingnya Pendidikan Untuk Masa Depan Kita. Retrieved from sehatq.com: https://www.sehatq.com/artikel/ini-pentingnya-pendidikan-bagi-anak-yang-tak-boleh-diabaikan-orangtua

Ermi, N. (2016). Penggunaan Media Lembar Kerja Siswa (Lks) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMAN 15 Pekanbaru. jurnal pendidikan, 39-44.

Jannati, F. E. (2015). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Keterampilan Generik Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi. Jakarta: repository uinjkt.

Mustika, M., Saptaningrum, E., & Susilawati, S. (2016). Pengaruh Penggunaan LKS dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII MTs Negeri 1 Semarang. jurnal penelitian pembelajaran fisika, 64-65.

Pratiwi, D., Supriadi, B., & Subiki. (2018). Pengaruh Lembar Kerja Siswa(Lks) Berbasis Scientific. jurnal unej, 8-9.

Putri, I. Y. (2022). Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Siswa. Padang: repository.unp.

Saputri, D. A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Matematika Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Segiempat Semester 2 Kelas VII SMPN 2 Kedungwaru Tulungagung. Kedungwaru: Institutional repository.

Sari, w. e., waridah, w., & sukardi, s. (2019). Penerapan Lembar Kerja Siswa (Lks) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas II SDN 7 Kebebu. jurnal pendidikan dasar, 7 (1), 54-63.

Umbaryati. (2018). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. journal unnes.ac.id, 218.

Wardani, S. K. (2018). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Kelas Xi Semester Genap Sma Negeri 1 Abung Selatan Kabupaten Lampung. Lampung: repository metrouniv.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Fitria, L., Ro’ifah, R., & Annahaar, L. (2023). Implementasi LKS Terhadap Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X4 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(2). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/18946