Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Kelas XI

Penulis

  • Putri Yulia Sari Universitas Muhammamdiyah Surabaya
  • Meirza Nanda Faradita Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Dwi Lukitasari Sudjani Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jses.v2i3.18944

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi sistem gerak manusia. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya dengan subjek penelitian kelas XI MIA. Kelas XI MIA 1 semester I tahun pelajaran 2022/2023 dilaksanakan dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Data penelitian yang dikumpulkan berupa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi materi sistem gerak manusia. Alat pengumpul data adalah daftar nilai siswa. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik deskriptif komparatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus I masih belum mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rata-rata hasil belajar siklus I adalah 32,64%. Namun setelah dilakukan tes siklus II terlihat bahwa hasil belajar mengalami peningkatan dan pembelajaran telah mencapai tujuan yang diharapkan. Rata-rata hasil belajar siklus II adalah 81,8%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi materi sistem gerak manusia.

Referensi

Amaliyah, Aam & Azwar Rahmat. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Jurnal Attadib: Journal of Elementary Education, 5 (1): 28-45

Bakti H.I,, Santoso H., (2021). Modep Problem Based Learning Dan Motivasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Biolova : Universitas Muhammadiyah Metro. http://scholar.ummetro.ac.id/index.php/biolova/

Munirah. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3 (2): 111-127

Rijal, Syamsu dan Suhaedir Bachtiar, (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. dalam Jurnal Bioedukatika, STKIP Puangrimaggalatung, 3 (2) : 15-20.

Yestiani, D.K & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar. 4 (1): 41-47

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-04

Cara Mengutip

Sari, P. Y., Faradita, M. N., & Sudjani, D. L. (2023). Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Kelas XI. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(3). https://doi.org/10.30651/jses.v2i3.18944