Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Problem Based Learning pada Materi Gerak Manusia

Penulis

  • Salsabila Nanda Az Zahra Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Meirza Nanda Faradita Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Dwi Lukitasari Sudjani SMA Muhammadiyah 1 Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menaikkan standar hasil belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Jumlah siswa sebanyak 14 siswa dan 12 siswa, sehingga total siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah 26 siswa. Dalam penelitian sub materi sistem gerak pada mata pelajaran PBL (Problem Base Learning) digunakan dua kali pertemuan digunakan untuk melaksanakan pembelajaran PBL ini dalam setiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes observasi, dan lembar observasi kegiatan instruktur dengan menggunakan metodologi PBL. Teknik analisis data pilihan ganda digunakan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi seberapa baik konten biologi dipelajari. penerapan metode deskriptif analitik, baik kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan penguasaan hasil belajar pada siklus II dengan persentase 80% dan nilai rata- rata 80,6, hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran PBL diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe PBL

Referensi

Ahmadi, Rulam (2017).Pengantar Pendidikan : asas dan filsafat Pendidikan.Yogyakarta:Ar- Ruzz media.https://opac.perpusnas.go.id/detailopac.aspx?id=1145002

Ariswati, N. P. E. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Nanggulan. Mimbar PGSD, 6(4). https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007

Brathatapa, I Nyoman Gede (2021).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn pada Materi Kewenangan Lembaga–Lembaga Negara. Journal of Education Action Research

Chiang, C. L., & Lee, H. (2016). The effect of project-based learning on learning motivation and problem-solving ability of vocational high school students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709-712.

Suryawati, E., Suzanti, F., Zulfarina, Z., Putriana, A., & Febrianti, L. (2020). The Implementation of Local Environmental Problem-Based Learning Student Worksheets to Strengthen Environmental Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 169-178. doi:https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Az Zahra, S. N., Faradita, M. N., & Sudjani, D. L. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Problem Based Learning pada Materi Gerak Manusia. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(2). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/18943