Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Penulis

  • Eka Nabilah Syahru Ramadhani Universitas Muhammamdiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila melalui model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 09 Surabaya. Pendekatan digunakan untuk mendeskripsikan hasil pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Dalam pembelajaran ini menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Metode ini dapat membuat siswa menjadi semakin aktif, dan membuat siswa semakin semangat dalam belajar karena mereka terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Sintaks model pembelajaran STAD yaitu; tahap penyajian materi, tahap kerja kelompok, tahap tes individual, dan tahap penghargaan kelompok. Dengan bantuan denah sebagai media pembelajaran. Sebelum menggunakan metode STAD guru terdapat sejumlah permasalahan baik yang dihadapi dalam peneliti maupun permasalahan siswa pada proses pembelajaran, seperti peserta didik belum memahami pembelajaran Pendidikan Pancasila, belum mengembangkan kemampuan berpikir kritis, serta kurang aktif dalam belajar secara mandiri maupun dalam kelompok. Berdasarkan hasil penelitian guru menggunakan metode pembelajaran STAD bahwa siswa berusaha mencari pengetahuannya sendiri dengan keterampilan proses yang dimiliki dan melatih siswa melaksanakan praktikum sehingga siswa mampu bekerja dan berdiskusi kelompok.

Referensi

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Esminarto E, S. S. (2016). IMPLEMENTASI MODEL STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIWA. BRILIANT. Retrieved December 29, 2022 from http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/2/2

Isjoni. (2010). Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.

Kasmawati. (2017). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Proses Pembelajaran. Ilmiah Iqra'. Retrieved December 29, 2022 from https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/578

Maulana, P. (2017). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DI SEKOLAH DASAR. Pesona Dasar. Retrieved December 29, 2022 from file:///C:/Users/DELL/Downloads/8850-20730-1-SM.pdf

Rakhmawan, D. (2014). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL PADA SEKOLAH DASAR. PGSD. Retrieved December 29, 2022 from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/12172

Samar. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Retrieved from journal: https://e- journal.iyb.ac.id/index.php/gemakampus/article/view/127/104

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tamsyani, W. (n.d.). Makalah Model Pembelajaran Kooperatif. Retrieved from academia: https://www.academia.edu/5934158/MAKALAH_MODEL_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Publikasi Pendidikan Dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Syahru Ramadhani, E. N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(2). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/18941