Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Negeri 2 Tanggul pada Materi Lingkaran Ditinjau Dari Self Confidence
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP ditinjau dari self confidence pada materi lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis deskriptif kualitaif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Tanggul sebanyak 6 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, tes, dan wawancara. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang self confidence yang dimiliki siswa. Kemudian tes dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif. Indikator kemampuan berpikir kreatif yang digunakan pada penelitian ini yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self confidence tinggi memenuhi indikator kreativitas tingkat 4 (sangat kreatif). Siswa dengan self confidence sedang memenuhi indikator kreativitas tingkat 3 (kreatif) dan tingkat 2 (cukup kreatif). Siswa dengan self confidence rendah memenuhi indikator kreativitas tingkat 1 (kurang kreatif) dan tingkat 0 (tidak kreatif).Referensi
Agustina, W., & Noor, F. (2016). Hubungan hasil belajar dan tingkat berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 193-194.
Andiyana, A. M., Maya, R., & Hidayat, W. (2018, Mei). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248.
Efendi, J. F. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ethnomathematics "madura smart math". umm.ac.id.
Eftatiyana, S., Nurjanah, S. A., Armania, M., Sugandi, A. I., & Fitriani, N. (2018, Maret). Hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi belajar siswa SMP yang menggunakan pendekatan creative problem solving. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(2), 85-92.
Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015, Oktober). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik di SMP. EDU-MAT, 3(2), 157-165.
Hajar, M. S., & Minarti, E. D. (2019, Maret). Pengaruh self confidence siswa SMP terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Majamath, 2(1).
Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2019). Tes dan skala matematika. Cimahi: Refika.
Nurhayati. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa kelas VIIA SMP Negeri 7 Kebumen dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan media puzzle.
Paramitha, G. T. (2016). Tingkat percaya diri peserta didik (studi deskriptif pada siswa kelas X SMA Santo Paulus Nyarumkop tahun ajaran 2015/2016 serta implikasinya terhadap usulan topik -topik bimbingan). Universitas Sanata Dharma.
Safitri, D., & Maryati. (2021, Juni). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan kelas VIII ditinjau dari kepercayaan diri. Math Locus, 2(1), 23-33.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skills). Tangerang: Tira Smart.
Setiyani. (2017). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran topik bangun ruang sisi datar . Repository FKIP Unswagati, 2.
Siswono, T. Y. (2011). Level of students's creative thinking in classroom mathematics. Academic Journals, 6(7), 548-553.
Syakroni, M., Suprapti, E., & Effendi, J. F. (2021, Oktober). Peningkatan berpikir kritis dan kreatif pada pelajaran matematika ditinjau dari jenjang satuan pendidikan. BSIS, 4(1), 414-428.