Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Editorial dengan Media Video Straight News Siswa Kelas XII Mipa 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya
Abstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks editorial dengan media video straight news pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain siklus 1 dan siklus 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya, Sampel penelitian sejumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis teks editorial pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Siklus 1, 35% siswa memenuhi KKM. Siklus 2, 90% siswa memenuhi KKM.
Â
Katakunci: keterampilan menulis; teks editorial; video straight news
Â
Abstract: This study aims to determine the improvement of editorial text writing skills using straight news video media in class XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. This study used classroom action research methods with the design of cycle 1 and cycle 2. The population in this study were students of class XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya, with a sample of 28 students. The results showed that there was an increase in the skills of writing editorial texts in class XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Cycle 1, 35% of students fulfill KKM. Cycle 2, 90% of students fulfill KKM.
Â
Keywords: writing skill; editorial text; straight news videoReferensi
Adyatma, S. (2009). Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru Bidang Geografi. Banjarmasin: CV Jaya Putri.
Agustina, T., & Suryadi, E. (2021). Hubungan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Kaidah Kebahasaaan Teks Editorial Terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII SMA ISLAM AZZAHRAH Palembang. Bastrando, 1(1), 17-27.
Djamarah, S.B & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani, N.A & Hermana, D. (2008). Teknik Penulisan dan Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tim Rahayasa Training and Consulting: Tidak dipublikasikan.
Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 2(1), 56-65. https://bsnp-indonesia.org (di akses 1 Desember 2022).
LPMP DIY. (2013). Modul Pelatihan Peningkatan Mutu Guru dan Pengembangan Pembelajaran (SMA/SMK/MA). Tim Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum 2013: Tidak dipublikasikan.
Norhidayah, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Memproduksi Teks Editorial Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Karikatur Konteks Sosiokultural di Kelas XII C Multimedia SMKN 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019. Lentera: Jurnal Pendidikan, 15(1), 78- 87.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFe.
Qodratillah, M.T. (2011). Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sudijono, A. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudirman, S., Kusumah, Y. S., & Martadiputra, B. A. P. (2021). Augmented Reality Blended Learning Instruction: The Impact on Growing Motivation, Attitudes, and Knowledge in 3D Geometry. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(4), 674-683.
Suryaman, M., Seherli, & Istiqomah. (2018). Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.