Stimulasi Perkembangan Emosi Anak Melalui Permainan”Ekspresi Wajah” pada Kelompok A

Penulis

  • Nurhusni Kamil uin sunan kalijaga yogyakarta

Abstrak

Abstrak: Permainan merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi anak hal ini juga sesuai dengan prinsip dalam pembelajaran di PAUD yaitu belajar sambil bermain. Banyak jenis permainan yang dapat menstimulasi setiap aspek perkembangan agar terjadi secara optimal. Salah satu dalam hal ini adalah permainan “ekspresi wajah†untuk menstimulasi perkembangan emosi pada anak kelompok A.  Metode penelitian yang digunakan dalam bentuk kualitatif dengan jumlah sampel 12 orang dengan rentang usia 3-4 tahun yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh gambaran kegiatan permainan “ekspresi wajah†untuk stimulasi perkembangan emosi anak usia dini. Melalui permainan ini anak akan memahami berbagai bentuk emosi yang baik seperti rasa senang, bahagia, dan sebagainya dan emosi  yang tidak baik seperti sedih,kecewa,menangis,dll. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan hasil observasi dan hasil dokumentasi yang di dapatkan dari guru kelas. Hasil penelitian diperoleh bahwa setelah dilakukannya kegiatan bermain bersama anak bahwasanya kegiatan ini mampu menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru dalam mengenalkan berbagai emosi kepada anak baik emosi positif atau negatif. Temuan baru dalam penelitian ini adalah informasi kepada guru PAUD bahwa penerapan  kegiatan bermain ini bisa dilakukan di lakukan disekolah sebagai bentuk pilihan permainan untuk mengenalkan berbagai macam bentuk emosi atau perasaan kepada anak.

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-14

Cara Mengutip

Kamil, N. (2023). Stimulasi Perkembangan Emosi Anak Melalui Permainan”Ekspresi Wajah” pada Kelompok A. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(1). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/17988