Pengaruh Pembelajaran Home Care Terhadap Daya Pikir Kelompok B Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 3 Denpasar Barat
Abstrak
Tujuan dari adanya penelitian ini guna melihat pengaruh dari pembelajaran Home Care yang dilaksanakan oleh TK Aisyiyah Busthanul Athfal 3 Denpasar Barat guna meningkatkan perkembangan daya pikir anak kelompok B di masa pandemi Covid-19. Yang kita ketahui bahwa dalam mendidik anak usia dini segala sesuatu yang anak lihat, didengar, dan di rasakan akan melekat di ingatannya, dampak dari hal-hal tersebut memicu terhadap daya pikir anak. Ketika anak mendapatkan tekanan dari orang tua mereka atau tekanan dari lembaga pendidikan yang salah maka akan memengaruhi daya pikirnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode Pre-Eksperimental meneliti Satu Kelompok Prettest-posttest design (One Group Pretest-posttest design).   Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 3 Denpasar Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Sampel eksperimen dengan menenliti suatu kelompok yakni anak kelompok B. Pengambilan informasi dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa dan guru, sedangkan objeknya adalah pembelajaran homecare itu sendiri. Dari data yang sudah di kumpulkan akan dianalisis menggunakan statistika non-parametrik dan statistic inferensial yaitu uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian mengemukakan dengan uji Wilcoxon T+sebesar 81>T-6 sehingga Ha di terima dan Ho di tolak. Menarik kesimpulan dari data tersebut maka berpengaruh baik pada pembelajaran home care terhadap daya pikir kelompok B pada masa pandemi Covid-19 di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 3 Denpasar Barat