Analisis Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas IV Masa PPKM
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran IPA selama masa PPKM, peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran IPA serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: a) Kegiatan pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Surabaya Masa PPKM dilakukan secara luring dan daring.; b) Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar IPA siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 2 Surabaya yaitu: guru mempunyai peran sebagai fasilitator, motivator, pengarah, transmitter; c) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa SD Muhammadiyah 2 Surabaya antara lain mengadakan bimbingan belajar di sekolah dan di rumah, memberikan motivasi kepada siswa, memberikan tugas kepada siswa supaya siswa mau belajar di rumah melarang siswa membawa HP ke sekolah agar siswa bisa berkonsentrasi dalam belajar dan menghindari kecanduan game online, mengadakan konseling pribadi dan menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua guna mengatasi masalah siswa di sekolah serta mengelompokkan materi IPA terlebih dahulu sebelum dijelaskan kepada siswa agar mereka bisa memahami materi dengan baik.
Kata kunci: peran guru, kesulitan, belajar, IPA, PPKM
Referensi
Amaruddin, H., Atmaja, H. T., dan Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 12–25. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588
Dewi, W. A. . (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Djamarah. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b).
Faradita, M. N., & Afiani, K. D. A. (2021). Elementary Teachers’ Perceptions of Online Learning During Covid-19 Restrictions. Profesi Pendidikan Dasar, 8(2), 182–187.
Handarini, Oktafia, I. dan Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496–503.
Izaak, E. dan S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri. Cakrawala Pendidikan, 35(3), 1–13.
Kemendagri. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Kemendagri.
Kemendikbud. (2020). Negatif Covid-19, Mendikbud Ajak Masyarakat Lakukan Pembatasan Sosial. Retrieved June 14, 2020, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/negatif-covid19- mendikbud-ajakmasyarakat-lakukan-pembatasan-sosial.
Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Cetakan Ketigapuluhlima (PT Remaja). Bandung.
Mukholifah, A. R. (2020). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar IPA Kelas VI SDN O2 Tonatan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Napsawati. (2019). Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika Dengan Metode Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Studi Kasus Peserta Didik MTS DDI Seppange Kabupaten Bone). Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 1–7.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumaji. (2014). Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius.
Trefil, J., & Hazen, R. M. (2010). The sciences an integrated approach (6th ed). Canada: John Wiley & Sons.
Utomo, K.D., Soegeng, A.Y., Purnamasari, I., dan Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 1–9.
Yaumi, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.