Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dari Rumah pada Era Pandemi Covid-19 di TK Dewi Kunti Surabaya
Abstrak
Abstrak: Â Pendidikan pada saat adanya virus corona (SARS-CoV-2) dilakukan dengan cara belajar dari rumah. Belajar dari rumah diterapkan agar tidak ada penyebaran virus corona yang menyerang banyak masyarakat. Namun, berbanding terbalik kepada anak usia 3-6 tahun karena belajarnya tidak dapat berjalan dengan maksimal. Dalam penerapan proses belajar dari rumah, ada beberapa faktor penyebab kesulitan belajar dari rumah yang dihadapi oleh guru serta orang tua di TK Dewi Kunti Surabaya. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif menggunakan desain penelitian yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta penentu informan untuk guru, orang tua bekerja dan orang tua tidak bekerja. Hasil penelitiannya faktor penyebab kesulitan belajar dari rumah pada era pandemi covid-19 yaitu kurang berkonsentrasi terdapat dengan adanya suara asing yang terdengar selain pendidik, kurang bersosialisasi dengan teman sebayanya terlihat pada saat sesi tanya jawab semuanya berdiam diri. Kurang paham isi materi terlihat ketika pada aspek perkembangan belum bisa berkembang dengan maksimal, penggunaan paket data yang paling utama dikeluhkan oleh para orang tua.
Â
Kata Kunci: belajar dari rumah, pandemi covid-19, pendidikan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Buku
Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Ahmadi, Muckhsin. 1990. Strategi Belajar-Mengajar Ketrampilan. Malang : Y A 3 Malang
Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Jurnal
As-Sibyan (2020). Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kota Serang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 05 No.02.
Ayudia, Febrialismanto & Yeni Solfiah (2020). Presepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Anak Usia5-6 Tahun di Kecamatan Limapuluh Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol.03 No.02.
Mufaziah & Fauziyah. (2021). Kendala Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Dini Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.05 No.02
Internet
Depdiknas. 2008. Pembelajaran Tatap Muka, Penugasan Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Keatas.
Winingsih, Endang. (2020) Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. April 2, 2020.