Pelatihan Penulisan Resensi Karya Sastra Di SMK Giri Taruna 2 Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v2i2.8595Abstrak
Dalam pembelajaran di tingkat SMA/SMK, khususnya di kelas XI SMK, para siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan menulis. Salah satu materi pembelajaran yang berhubungan dengan keterampilan menulis resensi karya sastra. Salah satu permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terkait keterampilan menulis, khususnya penulisan resensi karya sastra. Menulis resensi karya sastra merupakan salah satu keterampilan yang menuntut keterampilan membaca kritis serta perbendaharaan kata yang luas sehingga dapat menarik pembaca dengan kata-kata yang bervariasi. Oleh karena itu, metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah berupa pelatihan menulis resensi karya sastra yang baik dan benar. Hasil kegiatan penelitian ini adalah melalui pelatihan menulis resensi karya sastra, siswa kelas XI di SMK Giri Taruna 2 Bogor termotivasi untuk membaca kritis karya sastra serta membuat karya tulis berupa resensi karya sastra. Pelatihan secara daring ini diikuti oleh 32 siswa dan 2 guru pendamping. Hasil kuesioner terkait evaluasi kualitas pelatihan penulisan resensi dari peserta pelatihan (siswa), yakni siswa mendapatkan dampak positif dalam pembelajaran bahasa Indonesia (4,88); siswa mampu menulis resensi karya sastra setelah mengikuti program pelatihan (4,81); dan gaya instruktur pelatihan penulisan resensi karya sastra dalam penyampaian materi dan Suasana selama pelatihan berlangsung serius dan menyenangkan (4,75). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pelatihan penulisan resensi karya sastra di SMK Giri Taruna 2 Bogor dinyatakan bermanfaat bagi para peserta (siswa kelas XI SMK).
Referensi
Agustin, M. (2017). “Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Novel Menggunakan Stategi Pemodelanâ€. Jurnal Diksatrasia, 1(2).
Budi, T. (2013). Jurnal Pendidikan. Jakarta: Badan Pendidikan Kristen Penabur (BPK Penabur).
Cahyaningrum, F., Andayani, K.S. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Melalui Model Think Pair Share dan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X-10 SMA Negeri Kebakkramat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3 (1). 45. doi: http://dx.doi.org/ 10.24832/jpnk.v3i1.605.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Endah, N., Sumarwati, Kundharu S. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1 (1), 40–53.
Fardengki, E., Ena N. (2012). Korelasi Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Linggo Sari Bagati, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (1), 639–645. doi: https://doi.org/10.24036/1378-019883.
Kastiyawan, M. Agus, H., Ahmad, A. (2017). Pengembangan Media Levidio Storyboard Dalam Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Film/Drama Pada Siswa Kelas XI SMK. Journals of Culture, Arts, Literature, and Linguistics. 3 (1). 21-22. doi: http://dx.doi.org/10.30872/calls.v3i1.774.
Khasanah, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Resensi Siswa Kelas XI MAN 2 Palembang (Doctoral dissertation, 021008 Universitas Tridinanti Palembang).
Kuncoro, M. (2009). Mahir Menulis. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kusmarwanti, K., & Nurhadi, N. (2020). Kopi dalam Sejumlah Resensi Sastra di Koran Nasional Indonesia. Diksi, 28(2), 145-154.
Mohammad, R. R. H., Maknun, T., & Lewa, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Siswa Sma Negeri 4 Kota Palu Dalam Menulis Resensi Film Laskar Pelangi Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Al Qiyam, 2(1), 26-36.
Murahmanita, M., Nasrah, S., & Trisfayani, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Resensi Siswa Kelas XI SMKS Ulumuddin Lhokseumawe. KANDE (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 109-117.
Nugraha,V., Indra P., Aditya P. (2018). Pembelajaran Menulis Resensi Novel Pertemuan Dua Hati Dan Laskar Pelangi Menggunakan Tekni. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 5 (2). 55. doi: https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p55-61.966.
Potter, W. James. (1998). Media Literacy. California: Sage Publications.
Putra. (2008). Langkah-Langkah Meresensi Buku. Jakarta: Depdiknas.
Septiani, D., Saragih, D. K., & Maulinda, R. (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Kesantunan Berbahasa terhadap Prestasi Penulisan Teks Diskusi Siswa Kelas VIII SMPN 21 Tangerang Selatan. GERAM, 8(1), 48-59.
Tim Penyusun. (2003). Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Wee, B. Van, & Banister, D. (2016). How to Write a Literature Review Paper ? Transport Reviews, 0(0), 1–11. https://doi.org/10.1080/01441647.2015.1065456
Yulidar br. Pohan, E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Cerpen oleh Siswa Kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jurnal Basastra, 3 (4), 6–7. doi: https://doi.org/10.24114/bss.v3i4.1459.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.