Pelatihan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga

Penulis

  • Nujmatul Laily Universitas Negeri Malang
  • Dian Syariati Universitas Negeri Malang
  • Hanjar Ikrima Nanda Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v2i1.6483

Abstrak

Keuangan rumah tangga menjadi salah satu hal penting yang patut diperhatikan, terutama oleh bendahara keluarga. Hasil LGD di tahun 2019 menunjukkan kesulitan ibu, sebagai bendahara keluarga, dalam mengelola keuangan di keluarganya, sehingga seringkali seadanya. Pemasukan dan pengeluaran pun tidak seimbang, dan  akhirnya tidak sedikit yang memicu konflik di akhir bulan. Lokakarya pengelolaan keuangan keluarga sudah selayaknya dilakukan untuk mengedukasi para bendahara keluarga agar bijak mengelola keuangan di rumahnya sendiri. Lokakarya hendaknya dikemas sesuai dengan pendidikan orang dewasa, yaitu sesuai kebutuhan, dan terdapat praktik pengelolaan keuangan. Selain itu untuk mengetahui keberhasilan kegiatan dan juga evaluasi, maka pendampingan akan dilakukan. Pendampingan menjadi ajang diskusi dalam memecahkan masalah yang dihadapi, ketika mengelola keuangan, dan juga  menjadi media untuk memperkuat motivasi. Hasil pelatihan dan pendampingan menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dengan tema yang diangkat serta mayoritas peserta mengaku sangat terbantu dengan sharing ilmu melalui pelatihan ini.

Referensi

Dewi, R. R. (2015, April 6). Model Proses Androgogi untuk Pembelajaran. Retrieved from Berbagi Pengetahuan: http://rinitarosalinda.blogspot.com/2015/04/model-proses-andragogi-untuk.html

Halilovic, S., Zaimovic, A., Berilo, A. A., & Zaimovic, T. (2019). Financial Literacy Assessment in Bosnia and Herzegovina. Procedia Computer Science, 158, 836–843. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.121

Indriyani, W. 2019. Cerdas dan Bijak Mengatur Keuangan Rumah Tangga. Sidoarjo: CV. Embrio Publisher

Lusardi, A. (2019). Financial literacy and the need for financial education: evidence and implications. Swiss Journal of Economics and Statistics, 155(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s41937-019-0027-5

Tamat, T. (1985). Dari Pedagogik ke Androgogik. Jakarta: Pustaka Dian.

Younas, W., & Farooq, M. (2019). Impact of Self-Control, Financial Literacy and Financial Behavior on Financial Well-Being. The Journal of Social Sciences Research, 5(51), 211–218. https://doi.org/10.32861/jssr.51.211.218

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-30

Terbitan

Bagian

Artikel