Pelatihan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v2i1.6483Abstrak
Keuangan rumah tangga menjadi salah satu hal penting yang patut diperhatikan, terutama oleh bendahara keluarga. Hasil LGD di tahun 2019 menunjukkan kesulitan ibu, sebagai bendahara keluarga, dalam mengelola keuangan di keluarganya, sehingga seringkali seadanya. Pemasukan dan pengeluaran pun tidak seimbang, dan akhirnya tidak sedikit yang memicu konflik di akhir bulan. Lokakarya pengelolaan keuangan keluarga sudah selayaknya dilakukan untuk mengedukasi para bendahara keluarga agar bijak mengelola keuangan di rumahnya sendiri. Lokakarya hendaknya dikemas sesuai dengan pendidikan orang dewasa, yaitu sesuai kebutuhan, dan terdapat praktik pengelolaan keuangan. Selain itu untuk mengetahui keberhasilan kegiatan dan juga evaluasi, maka pendampingan akan dilakukan. Pendampingan menjadi ajang diskusi dalam memecahkan masalah yang dihadapi, ketika mengelola keuangan, dan juga menjadi media untuk memperkuat motivasi. Hasil pelatihan dan pendampingan menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dengan tema yang diangkat serta mayoritas peserta mengaku sangat terbantu dengan sharing ilmu melalui pelatihan ini.
Referensi
Dewi, R. R. (2015, April 6). Model Proses Androgogi untuk Pembelajaran. Retrieved from Berbagi Pengetahuan: http://rinitarosalinda.blogspot.com/2015/04/model-proses-andragogi-untuk.html
Halilovic, S., Zaimovic, A., Berilo, A. A., & Zaimovic, T. (2019). Financial Literacy Assessment in Bosnia and Herzegovina. Procedia Computer Science, 158, 836–843. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.121
Indriyani, W. 2019. Cerdas dan Bijak Mengatur Keuangan Rumah Tangga. Sidoarjo: CV. Embrio Publisher
Lusardi, A. (2019). Financial literacy and the need for financial education: evidence and implications. Swiss Journal of Economics and Statistics, 155(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s41937-019-0027-5
Tamat, T. (1985). Dari Pedagogik ke Androgogik. Jakarta: Pustaka Dian.
Younas, W., & Farooq, M. (2019). Impact of Self-Control, Financial Literacy and Financial Behavior on Financial Well-Being. The Journal of Social Sciences Research, 5(51), 211–218. https://doi.org/10.32861/jssr.51.211.218
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.