Upaya Meningkatkan Penjualan Pada UKM Makanan Akibat Terdampak Pandemi COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v2i1.5788Abstrak
Catering ibu turah sebagai mitra 1 mengenalkan produk ke pasaran hanya mengandalkan penjualan produk secara manual dari mulut ke mulut yang melakukan pemesanan barang ke mereka, Tak jarang produk mitra diminati oleh konsumen, namun karena minimnya informasi, sehingga usaha catering mitra sendiri tidak pernah dikenal oleh masyarakat. Selain itu minimnya tenaga kerja yang terampil menjadi kendala yang cukup serius bagi UKM, tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah membantu dan merumuskan strategi pemasaran sepatu sehingga menjadi dasar bagi pemilik UKM untuk mengembangkan usahanya dengan lebih baik. Proses perumusan strategi dilakukan melalui tiga tahap yaitu pengumpulan data, analisis, dan pengambilan keputusan. Pengumpulan data dilakukan untuk mengidentifikasi masalah, selanjutnya dilakukan merumuskan strategi dengan mengunakan strategi matrik SWOT. Tahap terakhir merupakan tahap pengambilan keputusan dengan prioritas strategi yang harus dilakukan UKM adalah stategi agresif dengan menjalankan: penataan manajemen usaha untuk meningkatkan penjualan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, mitra mendapatkan wawasan cara membuat pengembangan usaha yang terus mengikuti perkembangan zaman dengan harapan dapat terus dikembangkan dengan sentuhan kreatif dan inovatif.Referensi
Antow, A.F.T. (2016). Pengaruh Layanan Online Shop (Belanja Online) Terhadap Konsumerisme Siswa Sma Negeri 9 Manado. JURNAL ACTA DIURNA, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/12770
Hartati, E.R. (2017). UMKM Sehat, Negara Kuat - BeritaSatu.com. Retrieve September 19, 2016, from http://www.beritasatu.com/ekonomi/436811-umkm-sehatnegara-kuat.html.
Sumarno, M. (2010). Tingkat Adopsi Inovasi Teknologi Pengusaha Sentra Industri Kecil Kerajinan Gerabah Kasongan KabupatenBantul. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12.
Untari, D., & Fajariana, D.E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278.
Wijaya, M. & Jasfar F. (2014). “Pengaruh Rancangan Situs, Harga, Kepercayaan dan Keamanan Terhadap Pembelian Produk Fashion Melalui Online Shopingâ€. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa. Volume 7 Nomor 2. halaman 31-62.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.