Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi dalam Pencegahan Meluasnya Wabah COVID-19 di Kalangan Pelajar
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v1i3.5754Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan 10 orang mahasiswa untuk memberikan edukasi kepada para pelajar dalam bentuk pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi dalam pencegahan meluasnya wabah Covid-19. Peserta KKN-Tematik akan merancang konten dalam bentuk infografis dan video untuk memberikan edukasi kepada pelajar melalui media sosial para pelajar. Waktu pelaksanaan kegiatan ini mulai tanggal 11 Juni 2020 sampai 11 Juli 2020. Lokasi pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan sesuai dengan domisili wilayah peserta KKN-Tematik dengan objek sasaran kegiatan yaitu para pelajar jenjang SMP, SMA, SMK. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa program pengabdian terlaksana dengan baik sehingga pemanfaatan media sosial para pelajar memberikan pengaruh yang positif terhadap pencegahan meluasnya wabah Covid-19 di kalangan pelajar. Hal ini ditunjukkan dengan terdapat 40 poster dan 10 video edukasi yang dihasilkan oleh peserta KKN-Tematik, masing-masing peserta telah menjangkau akun media sosial para pelajar melewati 10 orang, dan siswa memiliki respon positif terhadap pelaksaaan kegiatan KKN-Tematik ini.
Referensi
Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. Channel: Jurnal Komunikasi, 3(2), 1-16. http://dx.doi.org/10.12928/channel.v3i2.3270
Batubara, P. (2020). Update Covid-19 di Indonesia 10 Juni 2020: Positif 34.316 Orang, 12.129 Sembuh & 1.959 Meninggal. Retrieved June 28, 2020 from https://nasional.okezone.com/read/2020/06/10/337/2227665/update-covid-19-di-indonesia-10-juni-2020-positif-34-316-orang-12-129-sembuh-1-959-meninggal
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra. (2020). Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid – 19. Retrieved June 28, 2020 from https://disdikbud.sultraprov.go.id/kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid-19/
Doni, F. R., & Faqih, H. (2017). Perilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangan Remaja. IJSE–Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 15-23. https://doi.org/10.31294/ijse.v3i2.2816
Felita, P., Siahaja, C., Wijaya, V., Melisa, G., Chandra, M., & Dahesihsari, R. (2016). Pemakaian Media Sosial Dan Self Concept pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA, 5(1), 30-41.
Irfan, M., Nursiah, S., & Rahayu, A. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(3), 262-272. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.10851
Juwita, E.P., Budimansyah, D., & Nurbayani, S. (2015). Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa SMA Negeri 5 Bandung. Sosietas (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 5(1). https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i1.1513
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users Of The World, Unite! The Challenges And Opportunities Of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.
Kemdikbud. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kemkes. (2020). Apakah Coronavirus dan Covid-19 itu?. Retrieved June 30, 2020 from https://covid19.kemkes.go.id/qna-pertanyaan-dan-jawaban-terkait-covid-19/#Apakah_Coronavirus_dan_COVID-19_itu
Medcom. (2019). Pentingnya Mengawasi Remaja dalam Menggunakan Media Sosial. Retrieved June 30, 2020 from https://mediaindonesia.com/read/detail/267757-pentingnya-mengawasi-remaja-dalam-menggunakan-media-sosial
Mulawarman, & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36-44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759
Pratama, B. A., & Sari, D.S. (2020). Dampak Sosial Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Berupa Sikap Apatis di SMP Kabupaten Sukaharjo. Jurnal Gaster, 18(1), 65-75. https://doi.org/10.30787/gaster.v18i1.487
Pratiwi, A. (2017). Pengaruh Media Sosial Bagi Remaja. Retrieved June 30, 2020 from https://www.kompasiana.com/amipratiwi18/5902e5578c7e61e71b2c3016/pengaruh-media-sosial-bagi-remaja
Putri, W. S. R., Nurwati, R. N., & Budiarti, M. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding KS: RISET & PKM, 3(1), 47-51.
Putsanra, D. V. (2020). Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Virus Corona Covid-19. Retrieved June 30, 2020 from https://tirto.id/lakukan-5-hal-ini-untuk-mencegah-virus-corona-covid-19-eKpg
Salam, M. (2020). WhatsApp: Kehadiran, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 198-212. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11675
Sultra, GTC-19. (2020). Update data Kasus Covid 19 Sultra tertanggal 10 Juni 2020 pkl.17.00 WITA. Retrieved June 15, 2020 from https://web.facebook.com/satgascovid19sultra/posts/150718676573258
Wibowo, A. (2020). Informasi Keliru Soal COVID-19 Hanya Menambah Beban Psikologis. Retrieved Mei 30, 2020 from https://www.covid19.go.id/2020/04/17/informasi-keliru-soal-covid-19-hanya-menambah-beban-psikologis/
Wikipedia. (2020). Penyakit Koronavirus 2019. Retrieved June, 30 2020 from https://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_koronavirus_2019.
Zendrato, W. (2020). Gerakan Mencegah Daripada Mengobati Terhadap Pandemi Covid-19. Jurnal Education and development, 8(2), 242-248.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.