Pelatihan Mengaplikasikan Gmail dan Ymail untuk Calon Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v1i3.5695Abstrak
Guru sekolah dasar dituntut supaya bisa menggunakan email. Mahasiswa calon guru sekolah dasar sekarang harus bisa menguasai email untuk mengajarkannya pada generasi masa depan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan keterampilan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Widya Dharma Klaten. Para peserta kegiatan pelatihan mulai menyadari bahwa mereka dapat mengirim pesan menggunakan Gmail dan ymail. Para peserta kegiatan pelatihan mulai menyadari bahwa mereka bisa bertanya secara langsung pada waktu itu juga menggunakan Gmail dan ymail. Para peserta kegiatan pelatihan mulai menyadari bahwa mereka menyimpan artikel ketikan menggunakan Gmail dan ymail. Semua peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan sangat memiliki minat untuk menjadi guru sekolah dasar. Guru sekolah dasar nantinya juga harus memiliki email untuk berkomunikasi, mengirimkan silabus, dan sebagai data akun yang diakui dinas pendidikan.
Referensi
Basri. (2019). Banyak Dapodik SD Bermasalah. Diambil 23 Oktober 2019, dari https://radarmadura.jawapos.com/read/2019/02/08/118359/banyak-dapodik-sd-bermasalah
Hamid, H. (2014). Analisis Keamanan Aplikasi Email Pada Ponsel Android Dengan Jaringan Nirkabel. Jurnal Cybermatika, 2(1). Diambil dari http://cybermatika.stei.itb.ac.id/ojs/index.php/cybermatika/article/view/54
Hasanah, U., Handoyo, A. H., & Ruliana, P. (2018). Efektivitas E-Mail Sebagai Media Komunikasi Internal Terhadap. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 3(2), 153–167. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.233
Idris. (2019). Fitriyanti, Guru Honorer SD 9 Jangka Diundang Workshop ke Bogor - Serambi Indonesia. Diambil 21 Oktober 2019, dari https://aceh.tribunnews.com/2019/10/21/fitriyanti-guru-honorer-sd-9-jangka-diundang-workshop-ke-bogor
Priambodo. (2019). Salah Kirim Email, Maskapai Ini Bikin Panik Calon Penumpang Pesawat. Diambil 21 Oktober 2019, dari https://www.suara.com/news/2019/08/30/143735/salah-kirim-email-maskapai-ini-bikin-panik-calon-penumpang-pesawat
Sakti, B. P. (2017a). Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Magistra Unwidha Klaten, 30, 1. https://doi.org/10.31227/osf.io/pucw9
Sakti, B. P. (2017b). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Widya Dharma Tentang Etika Mahasiswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(02), 135. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1732
Sakti, B. P. (2018a). Feasibility Indicators Of Study Books Used Elementary School Students. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series. https://doi.org/10.31227/OSF.IO/5NJVK
Sakti, B. P. (2018b). Training of Scientific Papers Writing On Students of Widya Dharma University. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.3
Sakti, B. P. (2019a). Student Profile Toword Course Activities At PGSD FKIP University Widya Dharma Klaten. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 34–45. Diambil dari https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/1220
Sakti, B. P. (2019b). Training Writing Nonficial Stories In Students Of The PGSD Study Program Widya Dharma Klaten University. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 58–65. https://doi.org/10.31316/jbm.v1i1.282
Sakti, B. P. (2020a). The Role Of Parents And Teachers In Supervising Primary School Student’s Attitude Due To Influence From Technology Based On Industrial Revolution 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY, 1(1), 179–186. Diambil dari http://prosiding.pbsi.upy.ac.id/index.php/2019/article/view/26
Sakti, B. P. (2020b). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 74–83. https://doi.org/10.32507/ATTADIB.V4I1.632
Sakti, B. P., & Budiyono, S. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di SDN 1 Kragilan. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 65–70. Diambil dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/3860
Siahaya, I. A. (2014). Dampak Penggunaan Email dan Instant Messenger terhadap Komunikasi Organisasi. Jurnal InterAct, 3(1), 55–64. Diambil dari http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fiabikom/article/view/718
Susanto. (2019). Tekankan Data Valid, PAUD dan Dikmas Kota Pekalongan Isi Dapodik Online - Tribun Jateng. Diambil 23 Oktober 2019, dari https://jateng.tribunnews.com/2018/10/10/tekankan-data-valid-paud-dan-dikmas-kota-pekalongan-isi-dapodik-online
Sutedjo, B., & Oetomo, D. (2015). Efektivitas Email Untuk Pemasaran. Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains (Vol. 2). Diambil dari https://ti.ukdw.ac.id/ojs/index.php/eksis/article/view/390
Wardani. (2019). Di Negara Ini Kirim Email setelah Jam Kerja Bisa Kena Sanksi - Tekno Liputan6.com. Diambil 21 Oktober 2019, dari https://www.liputan6.com/tekno/read/4088133/di-negara-ini-kirim-email-setelah-jam-kerja-bisa-kena-sanksi
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.