Pelatihan Mengaplikasikan Gmail dan Ymail untuk Calon Guru Sekolah Dasar

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v1i3.5695

Abstrak

Guru sekolah dasar dituntut supaya bisa menggunakan email. Mahasiswa calon guru sekolah dasar sekarang harus bisa menguasai email untuk mengajarkannya pada generasi masa depan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan keterampilan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Widya Dharma Klaten. Para peserta kegiatan pelatihan mulai menyadari bahwa mereka dapat mengirim pesan menggunakan Gmail dan ymail.  Para peserta kegiatan pelatihan mulai menyadari bahwa mereka bisa bertanya secara langsung pada waktu itu juga menggunakan Gmail dan ymail. Para peserta kegiatan pelatihan mulai menyadari bahwa mereka menyimpan artikel ketikan menggunakan Gmail dan ymail. Semua peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan sangat memiliki minat untuk menjadi guru sekolah dasar. Guru sekolah dasar nantinya juga harus memiliki email untuk berkomunikasi, mengirimkan silabus, dan sebagai data akun yang diakui dinas pendidikan.

Referensi

Basri. (2019). Banyak Dapodik SD Bermasalah. Diambil 23 Oktober 2019, dari https://radarmadura.jawapos.com/read/2019/02/08/118359/banyak-dapodik-sd-bermasalah

Hamid, H. (2014). Analisis Keamanan Aplikasi Email Pada Ponsel Android Dengan Jaringan Nirkabel. Jurnal Cybermatika, 2(1). Diambil dari http://cybermatika.stei.itb.ac.id/ojs/index.php/cybermatika/article/view/54

Hasanah, U., Handoyo, A. H., & Ruliana, P. (2018). Efektivitas E-Mail Sebagai Media Komunikasi Internal Terhadap. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 3(2), 153–167. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.233

Idris. (2019). Fitriyanti, Guru Honorer SD 9 Jangka Diundang Workshop ke Bogor - Serambi Indonesia. Diambil 21 Oktober 2019, dari https://aceh.tribunnews.com/2019/10/21/fitriyanti-guru-honorer-sd-9-jangka-diundang-workshop-ke-bogor

Priambodo. (2019). Salah Kirim Email, Maskapai Ini Bikin Panik Calon Penumpang Pesawat. Diambil 21 Oktober 2019, dari https://www.suara.com/news/2019/08/30/143735/salah-kirim-email-maskapai-ini-bikin-panik-calon-penumpang-pesawat

Sakti, B. P. (2017a). Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Magistra Unwidha Klaten, 30, 1. https://doi.org/10.31227/osf.io/pucw9

Sakti, B. P. (2017b). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Widya Dharma Tentang Etika Mahasiswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(02), 135. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1732

Sakti, B. P. (2018a). Feasibility Indicators Of Study Books Used Elementary School Students. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series. https://doi.org/10.31227/OSF.IO/5NJVK

Sakti, B. P. (2018b). Training of Scientific Papers Writing On Students of Widya Dharma University. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.3

Sakti, B. P. (2019a). Student Profile Toword Course Activities At PGSD FKIP University Widya Dharma Klaten. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 34–45. Diambil dari https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/1220

Sakti, B. P. (2019b). Training Writing Nonficial Stories In Students Of The PGSD Study Program Widya Dharma Klaten University. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 58–65. https://doi.org/10.31316/jbm.v1i1.282

Sakti, B. P. (2020a). The Role Of Parents And Teachers In Supervising Primary School Student’s Attitude Due To Influence From Technology Based On Industrial Revolution 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY, 1(1), 179–186. Diambil dari http://prosiding.pbsi.upy.ac.id/index.php/2019/article/view/26

Sakti, B. P. (2020b). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 74–83. https://doi.org/10.32507/ATTADIB.V4I1.632

Sakti, B. P., & Budiyono, S. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di SDN 1 Kragilan. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 65–70. Diambil dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/3860

Siahaya, I. A. (2014). Dampak Penggunaan Email dan Instant Messenger terhadap Komunikasi Organisasi. Jurnal InterAct, 3(1), 55–64. Diambil dari http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fiabikom/article/view/718

Susanto. (2019). Tekankan Data Valid, PAUD dan Dikmas Kota Pekalongan Isi Dapodik Online - Tribun Jateng. Diambil 23 Oktober 2019, dari https://jateng.tribunnews.com/2018/10/10/tekankan-data-valid-paud-dan-dikmas-kota-pekalongan-isi-dapodik-online

Sutedjo, B., & Oetomo, D. (2015). Efektivitas Email Untuk Pemasaran. Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains (Vol. 2). Diambil dari https://ti.ukdw.ac.id/ojs/index.php/eksis/article/view/390

Wardani. (2019). Di Negara Ini Kirim Email setelah Jam Kerja Bisa Kena Sanksi - Tekno Liputan6.com. Diambil 21 Oktober 2019, dari https://www.liputan6.com/tekno/read/4088133/di-negara-ini-kirim-email-setelah-jam-kerja-bisa-kena-sanksi

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-30

Terbitan

Bagian

Artikel