Strategi Pemasaran Buah Jeruk Petani Melalui Bumdes Desa Karang Bunga Kecamatan Mandastana

Penulis

  • Syafril Djaelani ASMI Citra Nusantara Banjarmasin
  • Yusuf Asyari UIN Antasari Banjarmasin
  • Yuliani Yuliani ASMI Citra Nusantara
  • Hasdi Suryadi ASMI Citra Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v1i2.5396

Abstrak

Kegiatan pelatihan ini terselenggara berkat kerjasama antara Tim PINBUK dan Pengelola BUMDES serta Tim Pengembangan Inovasi Desa (PPID) Kabupaten Mandastana. Pembentukan BUMDES sesuai dengan Undang-Undang yang memberikan kewenangan kepada pemerintah desa untuk berinovasi dalam pembangunan desa, terutama untuk meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteraan masyarakat desa. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam memasarkan produk unggulan desa melalui saluran pemasaran BUMDES dengan teknik bauran pemasaran agar hasil panen jeruk petani menghasilkan keuntungan yang optimal. Metode yang digunakan adalah melakukan presentasi dan diskusi aktif dengan peserta pelatihan. Dampak dari pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemasaran bagi para pelaku UMKM dan BUMDES di Desa Karang Bunga, Kecamatan Mandastana.

Biografi Penulis

Syafril Djaelani, ASMI Citra Nusantara Banjarmasin

Asistant Professor in ASMI Citra Nusantara

Yusuf Asyari, UIN Antasari Banjarmasin

Dosen UIN Antasari Banjarmasin

Yuliani Yuliani, ASMI Citra Nusantara

Dosen ASMI Citra Nusantara

Referensi

(PKDSP), P. K. (2007). Panduan Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Malang: FE Universitas Brawijaya.

Abdullah, T., & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Agunggunanto; Edy Yusuf; Fitrie Arianti; Edi Wibowo; Darwanto. (2016). Pengembangan Desa Mandiri Melalui Pengelolan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 13.

Alkadafi. (2014). Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengelolaan Kelembagaan Badan usasha Milik Desa Menuju ASEAN Economic Community 2015. Jurnal El-Riyasah, 32-40.

Handajani, L., Akram, Fukron, L. M., & Rifai, A. (2019, Desember). Penggunaan Pemasaran Digital Pada Usaha Home Industri Kopi Lombok Di Desa Sigerongan Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Abdi Insan LPPM Unram, 6 (3).

Hidayat, M., Suslinawati, & Indriani, P. (2016, Mei). Analisis Tata Niaga Jeruk Siam Banjar (Citrus Reticulata) Di Desa Karang Buah Kecamatan Belawang Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Al Ulum Sains Bisnis dan Teknologi, 1 (2).

Karim, D., Sepang, J. L., & Lumanauw, B. (2014, Maret). Marketing Mix Pengaruh Terhadap Volume Penjualan Pada PT Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA, 2 (1), 421-430.

Kaswan. (2011). Pelatihan dan Pengembangan. Bandung: PT Alfabeta.

Kottler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Mandala, P., Maharani, E., & Muwardi, D. (2016, Oktober). Citrus Marketing Analysis of Siam The Village Limau Manis Kampar District Kampar Regency. Jurnal JOM FAPERTA UR, 3 (2).

Manurung, S. E., & Youlla, D. (2019, Oktober). Diversifikasi Pengolahan Buah Nanas Desa Galang Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Nanas. Jurnal Al-Ihlas, 5 (1).

Pandji, A. (2000). Manajemen Bisnis. Jakarta: PT RinekaCipta.

Setyarini, A. D. (2019). Tata Niaga Buah Nanas Tamban di Desa Mekarsari Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Syafril, Madayan, & Bahri, S. (2020). Pemasaran Tempat Wisata Janda Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Bedauh Barito Kuala. Journal of Soscial Responsibility Project bu Higher Education Forum, 1-8.

Unduhan

Diterbitkan

2020-08-28

Terbitan

Bagian

Artikel