Pendampingan Pembelajaran Matematika Dengan Media Doratic Terhadap Siswa Penyandang Dissabilitas Tuna Grahita
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v1i1.4545Abstrak
Pengabdian ini berupa pendampingan pembelajaran matematika dengan media Doratic (Doll Train Mathematics) terhadap anak penyandang dissabilitas tuna grahita di Yayasan Pendidikan Luar Biasa Alpa Kumara Wardhana Surabaya. Pelaksanaan pengabdian dimulai dengan pembuatan media doratic berbentuk boneka kereta bangun ruang yang terdiri dari kubus, balok, kerucut, tabung, limas segitiga dan limas segiempat. Hasil dari pengabdian ini diperoleh dari observasi terhadap aktivitas siswa, respon siswa dan hasil post tes yang dilakukan dua kali. Berdasarkan aktivitas siswa, mereka dominan dalam bermain dengan menggunakan Doratic dengan prosesntase 30 %, sedangkan respon siswa 47,5%, siswa menjawab setuju (S) 46,3%, siswa menjawab tidak setuju (TS) 6,3%. Sehingga disimpulkan Media ini sangat menarik dan mendukung proses belajar siswa. Hasil post test menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran siswa sehingga mencapai kriteria ketuntasan minimal. Sebanyak 90,48% siswa yang tuntas belajar dan sebanyak 9,52% siswa tidak tuntas belajar. Nilai rata-rata pada pertemuan ke 3 adalah 76,14.
Kata Kunci: Doratic, Pembelajaran, Matematik
Referensi
(n.d.). Retrieved from http://www.bps.go.id. (2017). In Pedoman PKM 2017. Jakarta: http:// simbelmawa.ristekdikti.go.id.
Erawati, I. L. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Inklusi. Jurnal Studi Sosial, 22.
Hasdianah. (2013). In Autis pada anak (Pencegahan, perawatan, dan pengobatan). Yogyakarta: Nuha Medika.
Rahardian, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11-19.
Ridho, N. (2011, 7 27). Model Pembelajara Kooperatif. Cooperative Learning, 1.
Sari, S. f. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang di SLB N Purwakarta). Jurnal Penelitian dan PKM, 220
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Humanism
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.