Papan Perilaku Sebagai Media Pencegahan Bullying di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 41 Surabaya
Abstrak
Tujuan pengabdian ini adalah melakukan kegiatan pencegahan bullying di TK ABA 41 Surabaya mealui media papan perilaku. Kegiatan dilakukan dalam 5 kali pertemuan yang terdiri atas 1 kali pertemuan pretest, 3 kali pertemuan pendampingan, dan 1 kali pertemuan protest. Selanjutnya dilakukan kegiatan kederisassi terhadap guru. Selain itu dilakukan juga observasi dan sosialisasi sebelum kegiatan dan evaluasi setelah semua kegiatan terlaksana. Pada pelaksanaannya, siswa mampu mengidentifikasi perilaku baik dan buruk melalui papan perilaku, Siswa juga mampu menentukan sikap positif ketika diberikan kasus kegiatan. Berdasarkan hasil pretest dan post test, diketahui bahwa terdapat kenaikan yang signifikan, yaitu yang awalnya rata-rata nilai pretest 44 menjadi 100 pada saat post test. Hal tersebut menunjukkan bahwa media papan perilaku dapat dijadikan sebagai alternatif untuk dapat mencegah bullying di lingkungan TK.
Referensi
Abubakar, S. R. (2018). MENCEGAH LEBIH EFEKTIF DARI PADA MENANGANI (KASUS BULLYING PADA ANAK USIA DINI). Jurnal Smart Paud, 1(1). https://doi.org/10.36709/jspaud.v1i1.3514
Analiya, T. R., & Arifin, R. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Anak dalam Kasus Bullying Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak di Indonesia. Journal of Gender And Social Inclusion In Muslim Societes, 3(1).
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3). https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55
Firdaus, F. M. (2019). Efforts to Overcome Bullying in Elementary School by Delivering School Programs and Parenting Programs through Whole-School Approach. DIDAKTA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2).
Herawati, N. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying pada Anak. NERS: Jurnal Keperawatan, 15(1).
Hidayat, A., Mubarok, A., Janah, S., Amalia, A., Kusumawati, D., Rosyati, E., Nasitoh, J., Samsiyah, & Junengsih, S. (2024). Sosialisasi Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Dini Di Tpa Tiara Kelurahan Kedaleman Cilegon. Skripsi, 5(1).
Isnaini, I. D., Julianingsih, D., & Aryanti, M. P. (2022). Sosialisasi Pola Asuh yang Tepat dan Pentingnya Memahami Karakteristik Anak Usia Dini di TK Dharmawanita Gedangan. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i2.174
Maghfiroh, N., Nasir, M., & Nafi’ah, S. A. (2022). Dampak perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa. As-Sibyan, 4(2). https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v4i2.241
Nugroho, S., Handoyo, S., & Hendriani, W. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Bullying di Pesantren: Sebuah Studi Kasus. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2). https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(2).5212
Nursalim, M. (2022). Pelatihan Konseling Traumatis untuk Membantu Korban Bullying di SMA Kota Surabaya. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2). https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1183
Permata, N., Purbasari, I., & Fajrie, N. (2021). ANALISA PENYEBAB BULLYING DALAM KASUS PERTUMBUHAN MENTAL DAN EMOSIONAL ANAK. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6255
Rahma, A., Istima, F., Addinullah, M. A., & Nihayah, U. (2023). Konseling Interpersonal dalam Menumbuhkan Kesehatan Mental Korban Bullying. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2). https://doi.org/10.24239/nosipakabelo.v3i2.1673
Rega, M. (2020). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020. Tribun Jabar.
Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MENURUT PANDANGAN GURU DAN ORANG TUA. Edukid, 16(2). https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805
Salam, A., Ikhwanuddin, I., & Sri Jamilah, S. J. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.816
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Idhoofiyatul Fatin, Andi Yulianto, Rany Suci Anggraini, Solikhatun Nisa, Ismiatul Hasanah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.


