Papan Perilaku Sebagai Media Pencegahan Bullying di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 41 Surabaya

Penulis

  • Idhoofiyatul Fatin Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Andi Yulianto Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Rany Suci Anggraini Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Solikhatun Nisa Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ismiatul Hasanah Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan pengabdian ini adalah melakukan kegiatan pencegahan bullying di TK ABA 41 Surabaya mealui media papan perilaku. Kegiatan dilakukan dalam 5 kali pertemuan yang terdiri atas 1 kali pertemuan pretest, 3 kali pertemuan pendampingan, dan 1 kali pertemuan protest. Selanjutnya dilakukan kegiatan kederisassi terhadap guru. Selain itu dilakukan juga observasi dan sosialisasi sebelum kegiatan dan evaluasi setelah semua kegiatan terlaksana. Pada pelaksanaannya, siswa mampu mengidentifikasi perilaku baik dan buruk melalui papan perilaku, Siswa juga mampu menentukan sikap positif ketika diberikan kasus kegiatan. Berdasarkan hasil pretest dan post test, diketahui bahwa terdapat kenaikan yang signifikan, yaitu yang awalnya rata-rata nilai pretest 44 menjadi 100 pada saat post test. Hal tersebut menunjukkan bahwa media papan perilaku dapat dijadikan sebagai alternatif untuk dapat mencegah bullying di lingkungan TK.

Referensi

Abubakar, S. R. (2018). MENCEGAH LEBIH EFEKTIF DARI PADA MENANGANI (KASUS BULLYING PADA ANAK USIA DINI). Jurnal Smart Paud, 1(1). https://doi.org/10.36709/jspaud.v1i1.3514

Analiya, T. R., & Arifin, R. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Anak dalam Kasus Bullying Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak di Indonesia. Journal of Gender And Social Inclusion In Muslim Societes, 3(1).

Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3). https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55

Firdaus, F. M. (2019). Efforts to Overcome Bullying in Elementary School by Delivering School Programs and Parenting Programs through Whole-School Approach. DIDAKTA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2).

Herawati, N. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying pada Anak. NERS: Jurnal Keperawatan, 15(1).

Hidayat, A., Mubarok, A., Janah, S., Amalia, A., Kusumawati, D., Rosyati, E., Nasitoh, J., Samsiyah, & Junengsih, S. (2024). Sosialisasi Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Dini Di Tpa Tiara Kelurahan Kedaleman Cilegon. Skripsi, 5(1).

Isnaini, I. D., Julianingsih, D., & Aryanti, M. P. (2022). Sosialisasi Pola Asuh yang Tepat dan Pentingnya Memahami Karakteristik Anak Usia Dini di TK Dharmawanita Gedangan. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i2.174

Maghfiroh, N., Nasir, M., & Nafi’ah, S. A. (2022). Dampak perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa. As-Sibyan, 4(2). https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v4i2.241

Nugroho, S., Handoyo, S., & Hendriani, W. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Bullying di Pesantren: Sebuah Studi Kasus. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2). https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(2).5212

Nursalim, M. (2022). Pelatihan Konseling Traumatis untuk Membantu Korban Bullying di SMA Kota Surabaya. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2). https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1183

Permata, N., Purbasari, I., & Fajrie, N. (2021). ANALISA PENYEBAB BULLYING DALAM KASUS PERTUMBUHAN MENTAL DAN EMOSIONAL ANAK. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6255

Rahma, A., Istima, F., Addinullah, M. A., & Nihayah, U. (2023). Konseling Interpersonal dalam Menumbuhkan Kesehatan Mental Korban Bullying. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2). https://doi.org/10.24239/nosipakabelo.v3i2.1673

Rega, M. (2020). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020. Tribun Jabar.

Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MENURUT PANDANGAN GURU DAN ORANG TUA. Edukid, 16(2). https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805

Salam, A., Ikhwanuddin, I., & Sri Jamilah, S. J. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.816

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-31

Terbitan

Bagian

Artikel