Sosialisasi Makanan Sehat dan Bergizi Pada Siswa Kelas 6 MI Tarbiyyatul Arifin

Penulis

  • Miftahudin Azmi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Arizka Khoirunnisa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Dina Nur Rohmatul Azizah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nurul Hikmah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Rima Suhaimah Prarezky Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Mochamad Angga Hartanto Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v6i2.22050

Abstrak

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan program nyata bagi mahasiswa atau dosen dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam perspektif pengabdian kepada masyarakat. Salah satu bentuk pengabdian yang dapat dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan membagikan pemahaman melalui sosialisasi makanan sehat dan bergizi kepada siswa - siswi Kelas VI MI Tarbiyyatul Arifin. Makanan sehat berarti makanan yang terkandung unsur gizi seimbang seperti protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan lemak. Makanan sehat dan bergizi penting dalam pertumbuhan fisik serta kerja otak. Dalam sosialisasi makanan sehat dan bergizi ini, menggunakan gabungan metode teknik pre eksperimen dengan Pretest and Posttest serta metode ceramah dalam penyampaian materi sosialisasi dibantu dengan media leaflet dan poster. Peneliti juga secara langsung turun kelapangan untuk melihat keadaan kantin sekolah dan jajanan yang dikonsumsi setiap harinya oleh siswa - siswi di sekolah tersebut. Setelah program sosialisasi ini dilakukan, terjadi peningkatan pengetahuan Siswa - siswi Kelas VI MI Tarbiyyatul Arifin mengenai makanan sehat dan tidak sehat, pentingnya sarapan, makanan yang bergizi serta dampak mengkonsumsi makanan sehat dan tidak sehat dalam upaya menjaga kesehatan untuk meminimalisir resiko terjadinya penyakit yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai hasil kuesioner pada saat posttest dibandingkan dengan pretest.

Referensi

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 81–88.

Fadhilah, D., Hartini, T. N. S., & Alit Gunawan, I. M. (2017). Efektifitas Penyuluhan tentang Sayuran Menggunakan Media “Kartu Sayuran” terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Nutrisia, 19(2), 100–105. https://doi.org/10.29238/jnutri.v19i2.258

Haris, V. S. D. (2018). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Animasi terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Makanan Bergizi, Seimbang dan Aman Bagi Siswa SD 08 Cilandak Barat Jakarta Selatan Tahun 2017. Quality Jurnal Kesehatan, 12(1), 38–42. http://ejournal.poltekkesjakarta1.ac.id/index.php/adm/article/view/28

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 1–220.

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mujahidah, F. F. (2021). Penyuluhan terhadap Pentingnya Sarapan Pagi bagi Anak-Anak. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 2(1), 36–40. https://doi.org/10.36590/jagri.v2i1.149

Pamelia, I. (2018). Fast Food Consumption Behavior in Adolescent and ITS Impact for Health. Jurnal IKESMA, 14(2), 144–153.

Purwati, R., Bidjuni, H., & Babakal, A. (2014). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Perilaku Klien Hipertensi Di Puskesmas Bahu Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 2(2), 108004.

Sitoayu, L., Vira, H., Putri, W., Lutfiani, N., & Aula, R. (2020). Makan Bergizi dan Hidup Penuh Prestasi. Digilib.Esaunggul.Ac.Id, 6(2), 93–97. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-14660-11_0128.pdf

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta. Alfabeta. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Sulastri, S. (2014). Analisis Kadar Monosodium Glutamat (MSG) pada Bumbu Mie Instan yang Diperjualbelikan di Koperasi Wisata Universitas Indonesia Timur. Universitas Indonesia Timur, 1(1), 5–9.

Welis, W., & Pranoto, N. W. (2021). Peningkatan Pengetahuan Siswa Tentang Makanan Jajanan Sehat. Jurnal Pengabdian Masyarakat …, 1(1), 21–27. https://jaso.ppj.unp.ac.id/index.php/JASO/article/view/6%0Ahttps://jaso.ppj.unp.ac.id/index.php/JASO/article/download/6/3

Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.a pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 81–88.

Fadhilah, D., Hartini, T. N. S., & Alit Gunawan, I. M. (2017). Efektifitas Penyuluhan tentang Sayuran Menggunakan Media “Kartu Sayuran” terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Nutrisia, 19(2), 100–105. https://doi.org/10.29238/jnutri.v19i2.258

Haris, V. S. D. (2018). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Animasi terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Makanan Bergizi, Seimbang dan Aman Bagi Siswa SD 08 Cilandak Barat Jakarta Selatan Tahun 2017. Quality Jurnal Kesehatan, 12(1), 38–42. http://ejournal.poltekkesjakarta1.ac.id/index.php/adm/article/view/28

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 1–220.

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mujahidah, F. F. (2021). Penyuluhan terhadap Pentingnya Sarapan Pagi bagi Anak-Anak. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 2(1), 36–40. https://doi.org/10.36590/jagri.v2i1.149

Pamelia, I. (2018). Fast Food Consumption Behavior in Adolescent and ITS Impact for Health. Jurnal IKESMA, 14(2), 144–153.

Purwati, R., Bidjuni, H., & Babakal, A. (2014). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Perilaku Klien Hipertensi Di Puskesmas Bahu Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 2(2), 108004.

Sitoayu, L., Vira, H., Putri, W., Lutfiani, N., & Aula, R. (2020). Makan Bergizi dan Hidup Penuh Prestasi. Digilib.Esaunggul.Ac.Id, 6(2), 93–97. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-14660-11_0128.pdf

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta. Alfabeta. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Sulastri, S. (2014). Analisis Kadar Monosodium Glutamat (MSG) pada Bumbu Mie Instan yang Diperjualbelikan di Koperasi Wisata Universitas Indonesia Timur. Universitas Indonesia Timur, 1(1), 5–9.

Welis, W., & Pranoto, N. W. (2021). Peningkatan Pengetahuan Siswa Tentang Makanan Jajanan Sehat. Jurnal Pengabdian Masyarakat …, 1(1), 21–27. https://jaso.ppj.unp.ac.id/index.php/JASO/article/view/6%0Ahttps://jaso.ppj.unp.ac.id/index.php/JASO/article/download/6/3

Yanggo, H. T. (2013). Makanan dan Minuman dalam Perspektif Hukum Islam. Tahkim, 9(2), 1–7. file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/72-280-1-PB.pdf

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-31

Terbitan

Bagian

Artikel