Tantangan Pendampingan Sertifikasi Halal untuk Peningkatan Kepuasan Konsumen Bagi Pedagang Kaki Lima Di Kelurahan Tembalang

Penulis

  • Siti Susanti Teknologi Pangan, Departemen Pertanian, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro
  • Eliezer Patardo Siringoringo Jurusan Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro
  • Esti Ayu Jurusan Manajemen dan Administrasi Logistik, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro
  • Yayuk Astuti Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v6i2.22010

Abstrak

Abstrak Mitra program ini yaitu masyarakat desa Pakel, Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang. Di desa ini kami menemukan bahwa sebagian besar masyarakat desa pakel belum memiliki keterampilan dalam hal pengelolaan limbah rumah tangga. Umumnya sampah hasil dari kegiatan rumah tangga langsung dibuang di tempat pembuangan sampah yang sudah disediakan desa untuk dibakar. Sehingga dari temuan ini tim PKM memiliki kinginan untuk memberikan edukasi pengelolaan limbah rumah tangga agar memiliki nilai tambah. Limbah yang terlihat sederhana dan menjadi pemandangan sehari-hari ternyata akan menimbulkan efek yang sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja, virus pencernaan ataupun penyakit kulit bisa menjadi dampak negatif. Dari gambaran tersebut maka tujuan dilaksanakannya pengabdian ini yaitu memberikan edukasi serta pelatihan kepada masyarakat Dusun Pakel Desa Gucialit Kabupaten Lumajang untuk mengolah limbah rumah tangga menjadi bahan yang bernilai ekonomi. Luaran yang ditargetkan yaitu masyarakat mampu menghasilkan produk olahan limbah rumah tangga dan mampu menjual hasil olahan yang sudah bernilai ekonomi lebih tinggi.

Kata Kunci : pengelolaan limbah rumah tangga, barang  bernilai ekonomi, zero waste

Referensi

Anastasya, Annisa. (2023). “Data UMKM, Jumlah dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia”. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah-dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia.

Faridah, Hayyun D. (2019). “Sertifikasi Halal Di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, dan Implementasi”. Journal of Halal Product and Research 2(2).

Muhammad. (2020). “Tantangan Dan Peluang Penerapan Kebijakan Mandatory Sertifikasi Halal (Studi Implementasi UU No. 33 Tahun 2014 dan PP No. 31 Tahun 2019”. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam 2(1).

Zeithaml, V.A. Bitner, Mary J., & Gremler, Dwayne D. (2003), “Service Marketing Intergrating Customer Focus Across the Firm, International Edition, 3th Edition”. New York: Mc Graw Hill Companies. Inc.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-31

Terbitan

Bagian

Artikel