Tantangan Pendampingan Sertifikasi Halal untuk Peningkatan Kepuasan Konsumen Bagi Pedagang Kaki Lima Di Kelurahan Tembalang
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v6i2.22010Abstrak
Abstrak Mitra program ini yaitu masyarakat desa Pakel, Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang. Di desa ini kami menemukan bahwa sebagian besar masyarakat desa pakel belum memiliki keterampilan dalam hal pengelolaan limbah rumah tangga. Umumnya sampah hasil dari kegiatan rumah tangga langsung dibuang di tempat pembuangan sampah yang sudah disediakan desa untuk dibakar. Sehingga dari temuan ini tim PKM memiliki kinginan untuk memberikan edukasi pengelolaan limbah rumah tangga agar memiliki nilai tambah. Limbah yang terlihat sederhana dan menjadi pemandangan sehari-hari ternyata akan menimbulkan efek yang sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja, virus pencernaan ataupun penyakit kulit bisa menjadi dampak negatif. Dari gambaran tersebut maka tujuan dilaksanakannya pengabdian ini yaitu memberikan edukasi serta pelatihan kepada masyarakat Dusun Pakel Desa Gucialit Kabupaten Lumajang untuk mengolah limbah rumah tangga menjadi bahan yang bernilai ekonomi. Luaran yang ditargetkan yaitu masyarakat mampu menghasilkan produk olahan limbah rumah tangga dan mampu menjual hasil olahan yang sudah bernilai ekonomi lebih tinggi.
Kata Kunci : pengelolaan limbah rumah tangga, barang bernilai ekonomi, zero waste
Referensi
Anastasya, Annisa. (2023). “Data UMKM, Jumlah dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia”. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah-dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia.
Faridah, Hayyun D. (2019). “Sertifikasi Halal Di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, dan Implementasi”. Journal of Halal Product and Research 2(2).
Muhammad. (2020). “Tantangan Dan Peluang Penerapan Kebijakan Mandatory Sertifikasi Halal (Studi Implementasi UU No. 33 Tahun 2014 dan PP No. 31 Tahun 2019”. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam 2(1).
Zeithaml, V.A. Bitner, Mary J., & Gremler, Dwayne D. (2003), “Service Marketing Intergrating Customer Focus Across the Firm, International Edition, 3th Edition”. New York: Mc Graw Hill Companies. Inc.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Siti Susanti, Eliezer Patardo Siringoringo, Esti Ayu, Yayuk Astuti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.


