Pendampingan Inovasi Media Pembelajaran VR-Jafstories Untuk Penyandang Disabilitas

Penulis

  • Syarifuddin Syarifuddin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Vina Erni Pratiwi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Junaidi Fery Efendi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Marini Marini Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ashr Hafiizh Tantri Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Abstrak Pembelajaran siswa tunagrahita memerlukan bantuan khusus dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru, yang salah satunya adalah SLB B-C1 Karya Bhakti Surabaya. Siswa tunagrahita kelas 1-6 SD mengalami kesulitan dalam memahami materi operasi hitung bilang dan mengalami permasalahan psikologis. Tingkat ketuntasan materi matematika pada siswa tunagrahita hanya mencapai 30% sedangkan ketidaktuntasannya mencapai 70% pada materi operasi hitung bilangan. Permasalahan psikologis yang dimaksud adalah rendahnya tingkat kepercayaan diri siswa dan mudah putus asa serta merasa tidak mampu dalam menerima materi dan tugas. Berdasarkan permasalahan yang ada maka dibuatlah media pembelajaran inovatif VR-JAFSTORIES dan ruang konseling DCC. Tujuan program pendampingan inovasi ini adalah untuk memberikan pemahaman penggunaan media pembelajaran, memebrikan pelatihan penggunaan media, dan pelatihan pentingnya pemahaman psikososial anak berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan adalah pendekatan Community Development. Hasil dari program ini adalah terciptanya media inovatif VR-JAFSTORIES yang berisi pengenalan angka dan operasi penjumlahan yang dikemas dalam cerita rakyat sehingga siswa dapat mengenal budaya, cerita rakyat, angka, dan materi operasi penjumlahan serta pengurangan, dan ruang konseling DCC yang berfungsi sebagai ruang komunikasi aktif antara guru dan orang tua siswa dalam menangani masalah psikologis siswa, sehingga sekolah terbantu dalam menangani masalah siswa SD di SLB B-C1 Karya Bhakti.

Kata kunci: siswa tunagrahita, psikososial, VR-JAFSTORIES, DCC

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Artikel