Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Hasil Penelitian Skripsi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v5i2.20302Abstrak
Artikel ilmiah merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana. Mahasiswa diharuskan mampu membuat karya ilmiah berupa skripsi dan mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal ilmiah. Adanya tuntutan tersebut memotivasi dilakukannya pengabdian ini. Adapun tujuan pengabdian ini yaitu: a). Memberikan pelatihan kepada mahasiswa Akuntansi yang sedang menempuh skripsi yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah mahasiswa Akuntansi; b) Memberikan pelatihan kepada mahasiswa Akuntansi tentang kiat-kiat menyusun artikel penelitian yang berasal dari hasil penelitian skripsi; c) Memberikan pelatihan terkait cara membuat artikel ilmiah yang menarik dan layak publis di jurnal terakreditasi nasional ataupun jurnal internasional; d) Memberikan pelatihan tentang cara mencari jurnal yang sesuai dengan scope penelitian serta jurnal yang memiliki reputasi yang baik. Metode yang digunakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu meningkatnya keterampilan serta kemampuan mahasiswa Akuntansi dalam menulis artikel ilmiah serta mahasiswa lebih cermat dalam memilih jurnal yang kredibel dan sesuai dengan scope penelitian mahasiswa Pendidikan Akuntansi.
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.