Pengenalan Dan Pelatihan UI/UX Serta Jenjang Karir Di Masa Depan untuk Siswa Siswi SMK Informatika Wonosobo
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v4i3.20285Abstrak
Artikel ini menyajikan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan pada 12 Juni 2023 di SMK Informatika Wonosobo, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut difokuskan pada pengenalan desain UI/UX dan pelatihan terkait desain UI/UX untuk membantu siswa mempersiapkan karir di bidang tersebut di masa depan. Sebanyak 20 orang siswa ikut serta dalam kegiatan ini yang didampingi oleh pihak sekolah. Peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi selama kegiatan berlangsung. Kegiatan berupa sosialisasi dan tanya jawab hingga praktik langsung ini memang baru kali pertama diselenggarakan pada SMK Informatika Wonosobo tersebut sehingga siswa belum memiliki pemahaman mengenai desain UI/UX. Hal tersebut terlihat dari peningkatan skor akhir yang signifikan dalam evaluasi pra dan pasca pembekalan menggunakan pre test dan post test dengan metode perhitungan likert. Skor akhir meningkat dari 44,2% pada pre test menjadi 93,6% pada post test. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta dalam bidang desain UI/UX. Pihak sekolah mengharapkan kegiatan serupa dapat tetap dilaksanakan di SMK Informatika Wonosobo guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai dunia kerja.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.