Edukasi dan Pendampingan Ibu dengan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N I Padang

Penulis

  • Mutiara Anissa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah
  • Resti Rahmadika Akbar Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah
  • Anita Darmayanti Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah

Abstrak

Abstrak Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak yang memiliki keluarbiasaan atau keterbatasan  baik secara mental-intelektual, fisik, emosional maupun sosial yang dapat mempengaruhi proses  perkembangan dan pertumbuhannya dibandingkan dengan anak-anak lain yang seumuran dengannya. Setiap ABK memiliki kemampuan dan potensi yang berbeda walaupun dengan keterbatasan yang mereka miliki. Dalam mengembangkan kemampuan dan potensi anak berkebutuhan khusus maka perlu diperlukan keluarga atau orang tua yang memberikan dukungan utama dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Mitra merupakan Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Padang dengan jumlah siswa berkebutuhan khusus cukup banyak. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah adanya orangtua yang belum bisa menerima kondisi anaknya dan orangtua yang masih belum memahami keterbatasan dari anaknya sehingga solusi yang dibutuhkan adalah kebutuhan informasi dan emosional. Pada kegiatan ini diperoleh hampir sebagian perserta mengalami keluhan mudah menjadi takut, merasa cemas, tegang dan khawatir serta tidak mampu berperan dalam kehidupan. Sekitar 37,5% peserta mengalami keluhan fisik seperti sakit kepala, kehilangan nafsu makan, gangguan pencernaan. Edukasi yang diberikan meliputi kebutuhan untuk informasi dan dukungan emosional. Dukungan informasi meliputi pemberian informasi mengenai gangguan yang termasuk dalam kategori ABK, gejala dan tatalaksana yang diberikan pada ABK serta sikap orangtua dalam menghadapi ABK. Dukungan emosional berupa pengenalan gejala stress dan manajemen stress.

Kata kunci: ABK, ibu, stres

Biografi Penulis

Mutiara Anissa, Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah

Psikiatri

Resti Rahmadika Akbar, Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah

Pendidikan Kedokteran

Referensi

Biro Hukum Dan Humas, & Perempuan, Kementerian Pemberdayaananak, D. P. (N.D.). Kemen Pppa: Setiap Anak Disabilitas Berhak Memperoleh Pendidikan.

Fairfax, A., Brehaut, J., Colman, I., Sikora, L., Kazakova, A., Chakraborty, P., & Potter, B. K. (2019). A systematic review of the association between coping strategies and quality of life among caregivers of children with chronic illness and/or disability. BMC Pediatrics, 19(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s12887-019-1587-3

Lestari, P. D. A., & Ediati, A. (2021). Self Compassion Dan Stres Pengasuhan Orang Tua Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMPATI, 10(4), 270–276. https://doi.org/10.14710/empati.2021.32603

Lestari, S., Yani, D. I., & Nurhidayah, I. (2018). Kebutuhan Orang Tua dengan Anak Disabilitas. Journal of Nursing Care, 1(1), 50. https://doi.org/10.24198/jnc.v1i1.15764

Novita, F., & Yuliani, D. (2022). Pola Asuh Terhadap Anak Disabilitas Pada Masa Pandemi Di Slb Negeri Sukadana Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Rehabilitasi Sosial (Rehsos), 3(02), 124–141. https://doi.org/10.31595/rehsos.v3i02.445

Papadopoulos, D. (2021). Mothers’ experiences and challenges raising a child with autism spectrum disorder: A qualitative study. Brain Sciences, 11(3), 1–16. https://doi.org/10.3390/brainsci11030309

Pinquart, M. (2018). Parenting stress in caregivers of children with chronic physical condition—A meta-analysis. Stress and Health, 34(2), 197–207. https://doi.org/10.1002/smi.2780

Priboi, C., Gantner, B., Holmer, P., Neves, L., Maria, E., Roser, K., & Michel, G. (2022). Psychological outcomes and support in grandparents whose grandchildren suffer from a severe physical illness: A systematic review. Heliyon, 8(5), e09365. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09365

Rani, S., Id, S., & Khan, M. H. (2021). Risk factors for early childhood disability in Bangladesh : Evidence from Multiple Indicator Cluster Survey 2019. PLoS ONE, 16(11), 1–18. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0259532

Rhidenour, K. B., Mccormack, M., & Holder, J. L. (2022). Resilience , and positive parenting in parents of children with syndromic autism and intellectual disability . Evidence from the impact of the COVID-19 pandemic on family ’ s quality of life and parent – child relationships. Autism Research : Official Journal of the International Society for Autism Research, 15(12), 2381–2398. https://doi.org/10.1002/aur.2825

Sesa, P. L., & Linda, Y. (2022). Penerimaan Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Di Jorong Ladang Panjang Kecamatam Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling), 93–102.

Suwoto, A. N. (2023). Menurunkan stres pengasuhan pada ibu dengan anak berkebutuhan khusus. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 11(2), 55–62. https://doi.org/10.22219/procedia.v11i2.24345

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Artikel