Pendirian Pojok Baca Sebagai Pendukung Kegiatan Posyandu Di Wilayah Kelurahan Jatimulyo Kota Malang

Penulis

  • Eni Sugiharyanti Fakultas Ilmu Budaya - Universitas Brawijaya
  • Sigit Prawoto Fakultas Ilmu Budaya - Universitas Brawijaya
  • Eri Susanto Fakultas Ilmu Budaya - Universitas Brawijaya
  • Yohanes Padmo Adi Nugroho Fakultas Ilmu Budaya - Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v4i3.19890

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berfokus pada pemberian bantuan dan pendampingan berdirinya pojok baca sebagai sarana pendukung program posyandu dan peningkatan minat baca di RW 08 Kelurahan Jatimulyo, Lowokwaru, Kota Malang dilaksanakan sebagai sebuah usaha untuk mendukung kegiatan rutin yang dilakukan oleh warga Kelurahan Jatimulyo. Kegiatan rutin yang dimaksud adalah Pos Pelayanan Terpadu bagi lansia dan anak-anak balita. Pada setiap kegiatan POSYANDU dilakukan, baik para lansia maupun balita harus bergilir untuk mendapatkan pelayanan dari para kader POSYANDU sehingga atas dasar pertimbangan para kader POSYANDU, direncanakan sebuah pendirian pojok baca yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan POSYANDU melalui kegiatan yang bermanfaat yaitu membaca. Pendirian pojok baca tersebut kemudian disambut oleh tim pengabdian kepada masyarakat FIB dengan memberikan semacam pendampingan yang diwujudkan melalui kegiatan mendatangkan narasumber untuk menunjukkan tentang manfaat kegiatan membaca. Selain itu, tim pengabdian juga memberikan bantuan berupa buku-buku, rak dan lainnya untuk melengkapi pojok baca serta juga memberikan bantuan berupa alat-alat tes kesehatan yang dapat digunakan setiap saat kegiatan POSYANDU bagi para lansia.Hasil yang didapatkan dari kegiatan tersebut adalah para lansia dapat memanfaatkan waktu tunggu mendapatkan pelayanan POSYANDU dengan membaca, sedangkan balitanya dapat menikmati buku dengan bantuan kader Posyandu yang membacakan buku yang disediakan.

Referensi

Agosto, D. E. (2016). Why storytelling matters: unveiling the literacy benefits of storytelling. Children and Libraries, 14(2), 21-26.

Anindyarini, A., Sumarwati, S., Waluyo, B., Hastuti, S., & Mujiyanto, Y. (2019). Strategi menghidupkan budaya literasi melalui dongeng. SENADIMAS.

Candrika, L. Y. (2019, August). Tantangan Budaya Literasi Di Era Digitalisasi: Peranan Dongeng Lokal Dalam Memperkaya Literasi Nasional. Dalam Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 1).

Craig, S., Hull, K., Haggart, A. G., & Crowder, E. (2001). Storytelling addressing the literacy needs of diverse learners. Teaching exceptional children, 33(5), 46-51.

Giantara, F., Yanti, N., Kusdani, K., Bainar, B., & Mursal, M. (2020). Menumbuhkan minat baca anak usia sekolah di perumahan bumi mandala 2. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 265-270.

Hidayah, S. N., Pulansari, F., & Huda, F. (2022). Peningkatan Literasi Melalui Program Sapa Rabu Pagi Di SMP NU Sabilunnaja Kuripan. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 225-236.

Hudhana, W. D., & Ariyana, A. (2018). Menanamkan Budaya Literasi pada Anak Usia Dini Melalui Dongeng. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2).

Lesmana, R., Sunardi, N., Kartono, K., Rudy, R., & Sumiaty, R. Y. (2020). Implementasi Manajemen dalam Meningkatkan Minat Baca Warga Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Maureen, I. Y., van der Meij, H., & de Jong, T. (2021). Evaluating storytelling activities for early literacy development. International Journal of Early Years Education, 1-18.

Miller, S., & Pennycuff, L. (2008). The power of story: Using storytelling to improve literacy learning. Journal of Cross-Disciplinary Perspectives in Education, 1(1), 36-43.

Nicolopoulou, A., McDowell, J., & Brockmeyer, C. (2006). Narrative play and emergent literacy: Storytelling and story-acting. Play= learning: How play motivates and enhances children’s cognitive and social-emotional growth, 124-155.

Peck, J. (1989). Using storytelling to promote language and literacy development. The Reading Teacher, 43(2), 138-141.

Phillips, L. (1999). The Role of Storytelling in Early Literacy Development.

Saleh, T. (2014). Pentingnya membaca dan menggunakan perpustakaan dalam mengubah kehidupan manusia. Jupiter, 13(1).

Williams, K. P. (1991). Storytelling as a bridge to literacy: An examination of personal storytelling among black middle-class mothers and children. The Journal of Negro Education, 60(3), 399-4

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Terbitan

Bagian

Artikel