Pelatihan Penerapan Metode Tahsin Dan Musyafahah Untuk Santri Tahfiz Di Pondok Modern Muhammadiyah Jember
DOI:
https://doi.org/10.30651/hm.v4i2.18468Abstrak
Abstrak Metode tahsin digunakan untuk menghafal Al- Qur’an baik secara lafal, makhorijul huruf, dan tajwid dengan mengulang-ulang di depan guru. Metode musyafahah dilakukan dengan cara seorang murid berhadapan secara langsung dengan guru untuk setor hasil hafalan sampai lancar. Program metode tahsin dan musyafahah ini merupakan sebuah pelatihan dalam menghafal dan memahami makna Al-Qur’an menggunakan cara klasik secara istikomah dan penuh keseriusan sesuai kata dan huruf kemudian merangkai kata tersebut menjadikan sebuah kalimat yang utuh. Tujuan penerapan metode ini adalah meningkatkan daya ingat santri tahfidz menghafalkan Al-Qur’an di Pondok Modern Muhammadiyah Pakusari Jember. Hasilnya, penerapan metode tahsin dan musyafahah dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an memunculkan sistem simbiosis mutualisme antara guru dan murid. Dalam melaksanakan metode tahsin dan musyafahah perlu adanya kerjasama antara santri dengan ustaz/ustazah. Ustaz/ustazah menyimak sekaligus membenarkan bacaan yang salah. Santri sungguh-sungguh menghafalkan ayat dan surah Al-Qur’an sekaligus membenarkan makhorujil huruf dan tajwid dari ayat hafalannya melalui sorogan atau bergantian. Kesimpulannya, keseriusan, keistiqomahan, metode serta strategi yang tepat, dan peran ustaz/ustazah yang berkualifikasi dan berkualitas dibutuhkan dalam memelajari dan mendalami Al-Qur’an baik dari segi hafalan, artikulasi, dan pemaknaan.
Â
Kata Kunci: metode tahsin, metode musyafahah, santri tahfizReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Al Ahsani, N. & Yuhro, D.R. (2022). Pengabdian Masyarakat: Penerapan Metode at-Tartil untuk Meningkatkan Kemampuan Baca al-Quran di TPQ Darussalam Kecamatan Krian, Sidoarjo. Al- Tatwir, 9 (2) : 169 – 178.
Albar, A.W. (2022). Implementasi Metode Tilawati dalam Meningkatkan Hasil Belajar Baca Al-Qur’an Santri RA Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan Pamekasan. STUDIA RELIGIA, Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 6 (1), 63 – 75.
Artanti, D., Purwaningsih, N.V., Rohmayanti, V., Sari, Y.E.S., Azizah, F., Samsudin, R.R. et al (2022). Edukasi dan Pelayanan Karyawan di Universitas Muhammadiyah Surabaya melalui Konsumsi Bakteri Asam Laktat untuk Peningkatan Sistem Imun di Covid-19. Humanism, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (2): 157 – 164.
Bahtiyar, Y., Lina, L., Samsudin, S., & Ichsan, A. S. (2022). Pelatihan Tahsin Alquran Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan Metode Yanbu’a. Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.21580/jieed.v2i1.10671
Fitriani, D. I. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.227
Kemampuan Baca Al-Quran, M., Darussalam, T., Krian, K., Nasirudin, S., Ahsani, A., Yuhro, D. R., Islam, U., Kiai, N., Achmad, H., & Jember, S. (2022). Pengabdian Masyarakat: Penerapan Metode at-Tartil untuk. 9(2), p. http://altatwir.uinkhas.ac
Kemampuan, M., Al-Qur’, M., & Siswa, A. N. (2020). Implementasi Metode Talaqqi dan Musyafahah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Swasta Salsa. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2, 216–231. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah
Mawaddati, I. R. (2021). Metode Menghafal Al-Qur’an Di Pesantren Tahfidhul Qur’an Nahdlatut Thalabah Kesilir Wuluhan Jember. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(1), 45–56. https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.419
Model Pembentukan Karakter_Mawadda&Kusairi_2022. (n.d.).
Sholihah, N., & Indah Purnamasari, N. (n.d.). Volume 10 Nomor 2 (2020) METODE MUSYAFAHAH SEBAGAI SOLUSI MEMPERMUDAH ANAK USIA DINI MENGHAFAL SURAT PENDEK. 66, 61253.
Waris Albar SMKS Mambaul Ulum Bata Bata Pamekasan, A. (2022). IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BACA AL-QUR’AN SANTRI RA. AL-MUJTAMA’ PLAKPAK PEGANTENAN PAMEKASAN (Vol. 6, Issue 1). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index.
Yusron Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, M., & Tamyiz Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan, M. (2022). ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM TAHFIDZ METODE TAJDIED DI MI MUHAMMADIYAH 21 KAPAS BOJONEGORO (Vol. 6, Issue 2). http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/8996.
Ngatma’in, Fatin, I., & Mubarok, I.W. (2022). Pendampingan Literasi Menulis Cerpen Santri di Masa Pandemi Covid 19. Humanism : Jurnal Penganbdian Masyarakat, 3 (1) : 71 – 81.
Rauf, A.A.A. (2014). Pedoman Daurah Al-Qur’an. Markas Al-Qur’an.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan jurnal perlu menyetujui beberapa persyaratan berikut:
1) Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.