Peningkatan Pemahaman Nahwu Melalui Metode Team Games Tournament (TGT) Di Pondok Pesantren Ar-Raoudotussibyan Cihanjawar-Purwakarta

Authors

  • Muhammad Jamjam Jamaludin STAI DR.KH.EZ Muttaqien Purwakarta, Indonesia
  • Ahmad Fajar STAI DR.KH.EZ Muttaqien Purwakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v4i2.18085

Abstract

Abstrak  Kaidah ilmu nahwu mengkaji tentang perubahan akhir kalimat sehingga tatanan bahasa akan menentukan benar atau salah bacaan. Masalah dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah santri belum memahami kaidah ilmu nahwu karena kurang memperhatikan penjelasan guru sehingga santri tidak ada motivasi untuk belajar ilmu nahwu. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode participatory Action Research (PAR) yang merupakan pengabdian yang dilakukan dalam tiga tahap; riset, aksi, dan partisipasi dengan masyarakat. Peningkatan pemahaman nahwu merupakan alat untuk membantu santri dalam aspek membaca dan menulis bahasa Arab. Melalui metode TGT dapat meningkatkan kemampuan santri dalam mempelajari ilmu nahwu, dengan alasan bahwa pembelajaran menggunakan metode TGT dapat motivasi santri sehingga santri mendapatkan daya tarik untuk terus menerus belajar kaidah ilmu nahwu. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu santri dalam peningkatan pemahaman nahwu. Hasil dari tes non-objektif dengan uraian bebas, pemahaman nahwu pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam penggunaan metode TGT terdapat peningkatan pada temuan awal yang kriteria baik 20% menjadi 26%, kriteria cukup 34% menjadi 54%, dan kriteria kurang baik 46% menjadi 20%. Berdasarkan hasil yang dicapai dengan menggunakan metode TGT telah berhasil meningkatkan kemampuan santri dalam pembelajaran nahwu, meskipun tidak mencapai 100%.

Kata Kunci: Ilmu Nahwu, Metode TGT, PAR

References

Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. In Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Vol. 53, pp. 1689–1699).

Buhari, B. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Globlisasi Siswa Kelas IX-U SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 57–68.

Fajar, A. (2020). Tafsir al-Qur’Än Corak Sastrawi dan Teologis. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 36–63. https://doi.org/https://doi.org/10.52593/klm.01.1.03

Hidayat, I. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Modern. DIVA PRESS.

Khoiri, K. (2022). Implementasi Tahapan Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah. Religious Journal of Islamic Education, 5(1), 1–7.

Khoiriyah, H. (2020). Metode QirÄ’ah Dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab Untuk Pendidikan Tingkat Menengah. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 10(1), 32–44.

Lutfi, L. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Geames Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2), 1(2), 95–104.

Mannan, A. M. R. A. J., & Hidayah, M. S. (2022). Pendampingan Pembelajaran Kaidah Nahwu dengan Kitab Al-Ajurumiyyah di Pondok Pesantren Darus Sibyan Jombang Jember. An-Nuqthah, 2(1), 46–51.

Mualif, A. (2019). Metodologi pembelajaran ilmu nahwu dalam pendidikan bahasa Arab. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 1(1), 26–36.

Muflihah, I., & Rahmadani, A. (2022). MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DALAM PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB. KOLONI, 1(4), 772–779.

Muhid, A., Afandi, A., & Sucipto, M. H. (2021). Modul participatory action research (PAR) untuk pengorganisasian masyarakat (community organizing).

Najmi, N., Rofiq, M. H., & Maarif, M. A. (2021). The Effect Of Cooperative Learning Model Type Of Teams Games Tournament (Tgt) On Student’s Learning Achievement. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).

Nasution, N. A. (2020). Lembaga Pendidikan Islam Pesantren. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 36–52.

Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118–9126.

Salam, R. (2021). Pendidikan di Pesantren dan Madrasah. IQRA: JURNAL MAGISTER PENDIDIKAN ISLAM, 1(1), 1–9.

Sulhiyati, S. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 10(1), 20–28.

Uno, H. B. (2022). Landasan pendidikan. Bumi Aksara.

Wahyuni, S. (2023). Implementasi Model Cooperative Learning Teams Games Tournaments (TGT)-Giant Ladder Snake dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(1), 25–43.

Zamzania, W. H., & Aristia, R. (2018). Jenis-Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Published

2023-08-20

Issue

Section

Artikel