Pendampingan Pencatatan Keuangan dan Pemasaran Produk Melalui “Market Place” Bagi UMKM Pakem Happy

Authors

  • Muftiyatul Azizah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Lailatul Amanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Nur Handayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Susanti Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v4i2.17790

Abstract

Abstrak Pembukuan atau pencatatan keuangan merupakan hal penting yang harus dilakukan sebuah usaha atau bisnis apabila ingin bertahan lama. Tujuan dilakukan pembukuan adalah agar setiap transaksi dapat diketahui secara jelas. Mengatur keuangan melalui pencatatan harus dilakukan bagi pelaku usaha walaupun masih berskala kecil, termasuk UMKM. UMKM sebagai usaha mandiri yang dikelola oleh masyarakat diharapkan juga melakukan pembukuan dalam usahanya. Adanya keterbatasan sumber daya manusia yang ada pada UMKM sehingga masih banyak UMKM yang belum melakukan pencatatan keuangan usaha dan belum memanfatkan pemasaran menggunakan platform digital. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Pakem Happy adalah pengelolaan keuangan usaha yang masih tercampur menjadi satu dengan keuangan keluarga. Pengelolaan administrasi keuangan selama ini belum dapat dijalankan secara optimal sehingga berapa pendapatan yang diterima dan pengeluaran usaha belum dapat diidentifikasi dengan jelas. Permasalahan yang lain yakni UMKM masih menggunakan pemasaran tradisional dan belum secara optimal menggunakan plaform digital dalam melakukan penjualan. Berdasarakan permasalahan yang ada maka perlu memberikan pendampingan kepada UMKM terkait pencatatan keuangan, melakukan pemasaran produk menggunakan platform Tokopedia. Oleh karena itu dengan adanya pendampingan ini diharapkan UMKM memahami pencatatan keuangan usaha dan mampu memasarkan produknya melalui marketplace Tokopedia.

Kata Kunci: market place, pencatatan keuangan, platform digital

References

Andarsari, P. R., dan Dura, J. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi pada Sentra Industri Kripik Tempe Senan di Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1): 59-64. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i1.16.

Fatwitawati, R. (2018). Pengelolaan Keuangan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Prosiding Sembadha. 1(1): 225-229.

Gunaedi, J., Nastiti, H., dan Wijaya, S. Y. (2018). UKMK Pembukuan Akuntansi Sederhana. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ISBN: 978-602-73114-5-9 https://conference.upnvj.ac.id/index.php/pkm/article/view/57

Mardiana, S. (2013). Peranan Komunikasi Pemasaran dalam Membentuk Perilaku Konsumen. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 40-46. https://doi.org/10.30656/lontar.v2i2.347

Manoppo, W. S., dan Pelleng, F. A. O. (2018). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dengan Teknik Pembukuan Sederhana bagi Pelaku Usaha UMKM di Kecamatan Malalayang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Administrasi Bisnis. 7(2): 6-9. https://doi.org/10.35797/jab.v7.i2.6-9.

Mukoffi, A., dan Sulistiyowati, Y. (2019). The Role of Financial Accounting Standards for Small And Medium Micro Economic Sectors: Case Studies In Lowokwaru District, Malang. International Journal of Research in Business and Social Science (2147-4478), 8(3): 17–23. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v8i3.202

Munandar, A., Meita, I., dan Putritanti, L. R. (2018). Pelatihan Pembukuan dan Pencatatan Keuangan Sederhana kepada Siswa/i Yayasan Prima Unggul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 527-532. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i1.8944.

Mutiah, R. A. (2019, Agustus 26). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Berbasis SAK EMKM. International Journal of Social Science and Business. 224, 225.

Nilasari, B. M., Anggraini, S. I., Alisa, I. A., dan Risqiani, R. (2021). Pelatihan Pembukuan bagi Pelaku UMKM yang Tergabung dalam Forum UMKM IKM Kecamatan Tajur Halang-Bogor. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMIN), 3(1): 96-102. https://doi.org/10.25105/jamin.v3i1.8776.

Silvia, B., dan Azmi, F. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Pengusaha UMKM terhadap Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi. 17(1): 57-73. https://doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v17i1.2745.

Susanti, R. N., dan Khabibah, N. A. (2021). Implementasi Pencatatan Laporan Keuangan pada Usaha Kecil dan Menengah (Studi pada Sentra UKM Kopitas di Kabupaten Temanggung). Jurnal Syntax Transformation. 2(4): 524-531. https://doi.org/10.46799/jst.v2i4.254.

Tanan, C. I., dan Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement. 1(2): 173-184. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.408.

Yustiani, R. dan Yunanto, R. (2017). Peran Market Place sebagai Alternatif Bisnis di Era Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah dan Informastika (KOMPUTA), 6(2): 43-48.

Published

2023-08-20

Issue

Section

Artikel