Pelatihan Pemasaran UMKM IRT Dengan Platform E-Commerce Shopee Di Kawasan Surabaya Barat

Penulis

  • Romauli Nainggolan Nainggolan Universitas Ciputra Surabaya
  • Etha Rambung Universitas Ciputra Surabaya
  • Hanna Tabita Hasianna Silitonga Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v5i2.16043

Abstrak

Hadirnya perempuan di dunia terja terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan anggota keluarga. Bahkan bagi negara sumbangan kerja perempuan di ruang publik meningkatkan kemakmuran. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sebanyak 52,74 juta pekerja perempuan di Indonesia pada 2022. Pekerja Perempuan yang bekerja di sektor in-formal menjadi pilihan yang fleksibel secara waktu.  Hal ini yang menjadi pilihan para ibu Rumah Tangga penderita ODHA untuk bekerja sehingga masuk dalam kategori UMKM. Peluang ini berlaku bagi usaha UMKM dalam meningkatkan pemasarannya di platform Shopee. Tujuan kegiatan ini untuk mengkaji dampak pelatihan pemasaran e-commerce shopee untuk usaha ibu rumah tangga pendertia ODHA di Kawasan Surabaya Barat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur secara langsung dengan metode pre-test dan post-test. Semua infroman belum pernah memasarkan produknya di e-commerce Shopee. kesimpulan ada dua. Pertama, adanya peningkatan pengetahuan e-commerce sebesar 37%. Kedua, adanya peningkatan keterampilan menggunakan platform Shopee sebesar 30%. Hal ini berdampak makin lebarnya wilayah pemasaran pemilik UMKM.

 

Biografi Penulis

Romauli Nainggolan Nainggolan, Universitas Ciputra Surabaya

Program Studi Manajemen

File Tambahan

Diterbitkan

2024-08-31

Terbitan

Bagian

Artikel